Kompas.com - 25/02/2021, 05:17 WIB
Ilustrasi blok migas iStockphoto/bashtaIlustrasi blok migas

JAKARTA, KOMPAS.com - Petronas melalui perusahannya, PC North Madura II berhasil menemukan cadangan minyak melalui sumur Eksplorasi Hidayah-1 pada Wilayah Kerja North Madura II, yang terletak di lepas pantai Jawa Timur, Indonesia.

Penemuan tersebut merupakan hasil dari pengeboran sumur Eksplorasi Hidayah-1 mulai dilakukan pada tanggal 7 Januari 2021 dan telah mencapai kedalaman 2.739 meter.

Vice President of Exploration, Upstream Petronas Emeliana Rice-Oxley mengatakan, Sumur Hidayah-1 berhasil menemukan lapisan reservoir yang berisi minyak dengan kualitas yang baik pada Formasi Ngimbang Karbonat dan memiliki hasil uji alir sebesar 2.100 barrel minyak per-hari (BOPD) dengan kualitas yang juga baik.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing, Pemerintah Pangkas Investasi Tertutup Jadi 6 Bidang Usaha

“Penemuan pada sumur Eksplorasi Hidayah-1 merupakan tonggak utama bagi Wilayah Kerja North Madura II yang terbukti atas adanya potensi lapisan reservoir yang berisi minyak pada area tersebut,” katanya dalam keterangan tertulis, dilansir Kamis (25/2/2021).

“Hal ini juga mendorong pengembangan atas besarnya potensi Eksplorasi di Indonesia yang menjanjikan,” tambahnya.

Rencananya, hasil pengeboran sumur Eksplorasi Hidayah-1 akan dievaluasi lebih lanjut untuk mengetahui besarnya potensi cadangan tersebut.

Baca juga: Bandara Internasional Yogyakarta Mulai Gunakan GeNose Pada 1 April

Sementara itu, Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee A Suardin mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan analisa akhir terkait penentuan jumlah sumber daya.

“Penemuan ini tentunya ke depannya akan memberikan manfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat setelah potensi minyak tersebut dapat diproduksi,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X