Kembangkan Ekonomi Syariah di RI, OJK Luncurkan Roadmap Bank Syariah

Kompas.com - 25/02/2021, 13:09 WIB
Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK Heru Kristiyana Kompas.com/Mutia FauziaKepala Eksekutif Pengawasan Perbankan OJK Heru Kristiyana

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia 2020-2025.

Roadmap ini membawa visi mewujudkan perbankan syariah yang resilient, berdaya saing tinggi, dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional dan pembangunan sosial.

"Dengan ini saya meluncurkan Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia 2020-2025. Semoga tuhan yang maha esa meridhoi niat baik kita," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana mengatakan dalam peluncuran secara virtual, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: OJK Mengakui Kesulitan Cari Pimpinan untuk Bank Syariah

Heru menuturkan, arah pengembangan perbankan syariah ini telah disusun selaras dengan beberapa arah kebijakan, baik kebijakan eksternal yang bersifat nasional.

Berbagai arah kebijakan itu, antara lain Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, Masterplan Ekonomi dan Keuangan Syariah Indonesia 2019-2024, Masterplan Sektor Jasa Keuangan Indonesia, dan Roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia (RP2I).

Sebagai bagian dari RP2I, roadmap untuk perbankan syariah merupakan langkah strategis OJK dalam menyelaraskan arah pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, khususnya pada sektor industri jasa keuangan syariah di bidang perbankan syariah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"OJK berkomitmen mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai pusat ekonomi keuangan syariah dunia. Kami yakini bahwa roadmap adalah suatu alat untuk kita menuju ke sana," ungkap Heru.

Baca juga: OJK Nyatakan Snack Video sebagai Aplikasi Ilegal

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I Teguh Supangkat menambahkan, roadmap telah melalui beberapa tahap kajian ilmiah dan diskusi dengan para stakeholder terkait.

Diskusi meliputi pelaku sektor riil, sektor sosial, industri bank, pemerintah, kementerian/lembaga, dan sebagainya.

Adapun kajian mengenai strategi transformasi bank syariah dimulau sejak Juli 2018.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.