Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Tesla, Luhut: Saya Tidak Pernah Bicara Pabrik Mobil!

Kompas.com - 25/02/2021, 12:31 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, tidak pernah ada pembahasan pembangunan pabrik mobil listrik dengan perusahaan otomotif asal Amerika Serikat (AS) Tesla Inc.

Menurut Luhut, dalam non-disclosure agreement (NDA) antara Pemerintah RI dengan perusahaan Elon Musk itu memang menyebutkan mobil listrik sebagai salah satu dari enam poin yang dibahas.

"Saya tidak pernah bicara pabrik mobil. Ada enam (pembahasan tertulis NDA) sebenarnya di tempat mereka itu. Salah satu mobil. Ada lagi mengenai starlink, ada mengenai launching pad SpaceX, hypersonic, ada baterai lithium pack, dan stabilizer energizer itu yang kita bicara," katanya dalam CNBC Economic Outlool secara virtual, Kamis (25/2/2021).

Baca juga: Masih Ada Harapan, Kepala BKPM Sebut Negosiasi dengan Tesla Tetap Berjalan

Luhut menjelaskan, bahan baku nikel ore yang membuat Tesla tertarik bernegosiasi dengan Indonesia.

"Kenapa? Karena Indonesia itu penghasil nikel ore terbesar di dunia. Itu yang mereka lihat di kita," ucap dia.

Luhut sebagai nahkoda investasi ini pun memastikan bahwa negosiasi dengan Tesla tetap berlanjut hingga kini. Meskipun produsen mobil listrik itu telah memutuskan untuk membangun pabrik mobil listrik di Karnataka, Bangalore, India.

"Saya enggak bisa lebih jauh bicara, tapi sampai hari ini kita masih bicara. Jadi, tidak ada orang ribut soal mobil Tesla di India, itu kan baru kejadian 2025 juga," katanya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Septian Hario Seto menyebutkan, Tesla tertarik bekerja sama dengan Indonesia dalam hal pembangunan energy storage system (ESS)

Seto menekankan, pemerintah Indonesia tidak akan tertarik apabila dalam negosiasi yang tertulis di proposal NDA, Tesla hanya menginginkan sumber bahan baku.

"Intinya ESS ini bisa menggantikan pembangkit-pembangkit peaker. Peaker itu pembangkit yang hanya digunakan untuk ketika electricity demand-nya itu jauh melebihi penggunaan rata-ratanya," ujar Seto beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pemerintah Terus “Pepet” Tesla agar Investasi di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com