Bukan dari Ganti Untung Tanah, 8 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Anda Kaya Raya

Kompas.com - 28/02/2021, 08:01 WIB
Ilustrasi: OJK keluarkan aturan untuk cegah pencucian uang di finctech lending alias pinjaman online (pinjol) iStockphoto/danikancilIlustrasi: OJK keluarkan aturan untuk cegah pencucian uang di finctech lending alias pinjaman online (pinjol)

KOMPAS.com - Tahu dong proyek kilang minyak Pertamina di Tuban yang lagi heboh? Jadi viral karena terbukti bikin warga sekitar kaya mendadak sampai pada borong mobil.

Untuk menjadi kaya raya memang banyak caranya. Tetapi cara yang halal ya, termasuk menjual tanah untuk proyek kilang minyak tersebut.

Cara untuk menjadi ‘sultan’ ada kok selain jual aset berharga Anda. Apa saja itu? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Berhemat

Berhemat di sini bukan berarti pelit. Akan tetapi mampu menggunakan uang dari penghasilan untuk sesuatu yang bermanfaat. Membeli sesuatu yang menjadi kebutuhan utama, bukan keinginan semata.

Orang tipe ini, mampu memprioritaskan mana yang penting atau tidak. Apalagi buat foya-foya, no way. Mereka akan ingat pada prinsip “hemat pangkal kaya.”

Dari hasil penghematan tersebut, dipakai untuk menabung maupun berinvestasi. Uang yang terkumpul dijadikan sebagai modal untuk merintis usaha atau kegiatan produktif lain.

Lihat saja para konglomerat, seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, bahkan Bob Sadino selalu tampil menggunakan baju itu-itu saja. Bukan tidak mampu, tapi mereka ingin mengenakan pakaian yang membuat mereka nyaman, bulan malah menjadi korban mode.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selagi masih bisa berhemat, cobalah untuk berhemat. Tidak perlu mengikuti gaya hidup orang lain kalau pada dasarnya tidak mampu. Lebih baik hidup apa adanya agar kondisi finansial tidak terganggu.

2. Rajin membuat anggaran bulanan

Setiap orang pada dasarnya harus menyusun anggaran belanja bulanan dengan baik. Sebab cara ini akan membantu seseorang dalam mengendalikan pengeluaran. Menghitung bujet pengeluaran untuk waktu sebulan sesuai dengan pemasukan.

Dengan begitu, tidak ada yang namanya pengeluaran berlebihan. Belanja sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Membuat anggaran sangat penting.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.