Kompas.com - 28/02/2021, 11:07 WIB
Ilustrasi berbisnis ThinkstockIlustrasi berbisnis

KOMPAS.com - Mendapatkan pekerjaan di era normal saja susahnya minta ampun, apalagi di masa pandemi begini. Makin kudu sabar berlipat.

Sudah mencari lowongan kerja ke sana kemari, belum dapat juga. Menebar lamaran kerja dari satu perusahaan ke perusahaan lain pun sudah. Tetapi belum ada panggilan.

Pekerjaan belum dapat, sementara biaya hidup terus berjalan. Masih punya utang pula yang harus dibayar. Jika tidak, risikonya aset melayang.

Tenang, jangan keburu emosi. Meski belum dapat pekerjaan tetap, kamu bisa mencari penghasilan lewat sumber lain. Apa saja? Berikut seperti dikutip dari Cermati.com.

Menjadi seorang freelancer

Freelancer menjadi salah satu peluang kerja yang bisa kamu jadikan pilihan jika belum memperoleh pekerjaan tetap. Freelancer tetap menghasilkan lewat projek-projek yang datang dari klien.

Kamu bisa menjual keahlian, seperti menulis, fotografi, desain grafis, pembuatan website, menjadi guru les privat, dan lainnya. Contohnya freelancer penulis artikel blog.

Kalau per tulisan dibayar Rp 100 ribu, dan kamu menerima projek 40 tulisan dalam sebulan, berarti penghasilan yang diterima sebesar Rp 4 juta. Itu baru dari satu klien.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bisa ambil projek sampingan, misalnya menulis buku atau annual report sebuah perusahaan, bayarannya mencapai Rp 8 juta per projek. Sudah bisa mengantongi Rp 12 juta.

Inilah enaknya jadi freelancer. Tidak terikat satu perusahaan. Bebas mau terima job berapa saja dan darimana saja asal sesuai keinginan klien dan tepat waktu.

Sistemnya adalah kepercayaan. Sekali kamu bisa menyelesaikan projek sesuai permintaan klien, maka jasamu bakal dipakai terus. Namun sebaliknya, merusak berarti hilang kesempatan untuk selama-lamanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.