Erick Thohir Minta Bank Swasta Ikut Turunkan Suku Bunga

Kompas.com - 05/03/2021, 19:42 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/2/2020). Kompas.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, bank-bank plat merah telah menurunkan suku bunga kreditnya.

Hal ini dilakukan setelah pemangkasan suku bunga acuan BI-7DRRR menjadi 3,50 persen pada Februari 2021.

“Saya baru lihat berita Himbara mengumumkan menurunkan suku bunga, tapi saya belum hitung berapa, tapi nanti saya cek lagi,” ujar Erick saat menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Nasional HIPMI 2021, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: 4 Bank BUMN Turunkan Bunga Kredit, Mana Paling Murah?

Selain itu, lanjut Erick, dirinya juga telah berbicara dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meminta agar bank-bank swasta juga ikut menurunkan suku bunganya.

Hal ini perlu dilakukan agar program restrukturisasi kredit di masa pandemi Covid-19 ini bisa jauh lebih maksimal.

“Tadi saya minta ke OJK kalau boleh tidak hanya Himbara, tapi juga bank swasta pada saat ini harus bisa menurunkan bunga dan bantu restrukturisasi supaya impact-nya jauh lebih besar,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya diberitakan, empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menurunkan suku bunga kredit, menyusul pemangkasan suku bunga acuan BI-7DRRR menjadi 3,50 persen pada Februari 2021.

Baca juga: Menko Airlangga: Pemerintah Kaji Pembentukan Bullion Bank

Diketahui, regulator dan pembuat kebijakan termasuk Bank Indonesia (BI) geregetan karena bank lambat merespons penurunan suku bunga acuan terhadap suku bunga kredit bank.

Bank Indonesia bahkan menyebut suku bunga kredit yang tinggi menjadi salah satu alasan debitur enggan kembali ke bank. Bank pun dinilai mencari margin yang terlalu tinggi di situasi sulit ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.