[TREN FINANSIAL KOMPASIANA] Pengelolaan Finansial Setelah Hamil | Pentingnya Menentukan Tujuan Investasi | Lagi-lagi Tertipu Investasi Bodong

Kompas.com - 16/03/2021, 15:45 WIB
ilustrasi investasi FREEPIK/JCOMPilustrasi investasi

KOMPASIANA---Saat masih melajang, mengatur keuangan mungkin masih tergolong mudah. Namun berbeda ketika sudah membina rumah tangga.

Bagi pasangan muda yang baru menikah dan berencana memiliki momongan, mengatur keuangan harus menjadi perhatian ekstra.

Ketika istri mulai mengandung, pos-pos pengeluaran rumah tangga besar kemungkinannya mengalami perubahan.

Sebab, kebutuhan akan meningkat selama masa kehamilan. Mulai dari perawatan kehamilan, persalinan, hingga perawatan tentu memakan biaya yang tidak murah.

Maka dari itu agar kondisi keuangan keluarga tetap stabil alangkah baiknya buatlah angaran untuk pemasukan dan pengeluaran keluarga secara detail.

Selain soal perencanaan finansial sebelum melahirkan, ada juga mengenai pentingnya menentukan tujuan investasi serta seputar investasi bodong.

Berikut 3 konten menarik dan populer kategori Finansial di Kompasiana:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Setelah Hamil, Apa yang Berubah di Pengelolaan Finansial?

Keperluan finansial hampir selalu terkait nilai waktu. Ada waktu di mana kebutuhan dana meningkat karena urgensinya, sehingga sejumlah dana mesti dikeluarkan atau dicukupi. Momen-momen kritikal ini perlu dipertimbangkan.

Kompasianer Adolf Isaac Deda mengatakan banyak nasabahnya yang menikah di usia 20-35 tahun rata -rata masih sedang berjalan kreditnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.