Insentif Kartu Prakerja Dipakai untuk Beli Bahan Pangan hingga Paket Internet

Kompas.com - 17/03/2021, 06:36 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja di Jakarta, (20/4/2020). ANTARA FOTOWarga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja di Jakarta, (20/4/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja menyatakan, insentif Kartu Prakerja digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan peserta. Ini terlihat dari hasil survei evaluasi yang dilakukan PMO Kartu Prakerja.

Direktur Eksekutif PMO Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, insentif paling banyak digunakan peserta untuk memenuhi kebutuhan pangan. Tercatat ada 95 persen peserta survei yang menyatakan hal tersebut.

Program Kartu Prakerja yang mulai dilaksanakan sejak merebaknya pandemi Covid-19 disebut Denni memiliki dua funsi utama, yakni menambah keterampilan peserta, sekaligus membantu daya beli yang terdampak pandemi.

“Ini kelihatan dari hasil survei yaitu 95 persen dipakai untuk bahan pangan," ujarnya dalam gelaran Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (16/3/2021).

Baca juga: Mangkir, Orang Kaya AS Utang Pajak Rp 33,6 Triliun


Selain untuk bahan pangan hasil survei menunjukan, 74 persen penerima insentif menggunakannya untuk membayar tagihan listrik atau air, 70 persen diantaranya menggunakan untuk tambahan modal usaha, 64 persen menggunakan untuk membeli bensin atau solar, dan 61 persen menggunakan insentif untuk paket internet.

PMO Program Kartu Prakerja mencatat sampai saat ini terdapat sekitar 5,5 juta peserta yang telah menerima insentif, terbagi atas 5,32 juta orang penerima tahun 2020 dan 269.000 penerima tahun 2021.

Lalu, total insentif yang telah tersalurkan sebesar Rp 13,5 triliun, yakni Rp 13,36 triliun untuk peserta Kartu Prakerja di tahun 2020, dan di 2021 yang sudah disalurkan sebesar Rp 161 miliar.

Baca juga: Ini Daftar Terlarang Penerima Kartu Prakerja



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X