[KURASI KOMPASIANA] Pendidikan bagi Perempuan Itu Bukan Sekadar untuk Mencari Pekerjaan, tapi Mengasah Keterampilan

Kompas.com - 22/04/2021, 17:17 WIB
 Ilustrasi Shutterstock Ilustrasi

KOMPASIANA---Ada elemen penting dalam menggaungkan kesetaraan gender, yakni peran guru.

Apalagi banyak guru perempuan yang ada di institusi pendidikan. Maka, tugas berikutnya adalah dengan mendorong adanya peran aktif guru perempuan dalam menggaungkan kesetaraan gender.

Harapannya perlahan sudah tidak ada lagi stereotipe untuk perempuan yang ingin mengakses pendidikan secara layak.

Wanita yang berpendidikan akan siap dengan perkembangan zaman ini sehingga kelak ketika menjadi seorang ibu, kelak.

1. Anak Perempuan Sebaiknya Belajar Ketrampilan Keperempuanan Sejak Dini

Ada cara yang bisa perempuan Indonesia ketika sedang berada di luar negeri dan tetap membuat bangga, yaitu mau dan mampu berbusana pakaian tradisional dalam acara-acara khusus.

Namun, apakah di luar negeri juga ada salon yang mendukung untuk merias pakaian tradisional Indonesia? Selama tinggal di Jerman, Kompasianer Gaganawati Stegmann menemukan salon seperti itu.

"Karena gaya tatanan rambut Jawa dengan sunggar dan sanggul tentu bukan menjadi menu dalam pelayanan mereka. Makanya, saya buat sendiri," tulisnya.

Oleh karena itu, jika sedang ada acara-acara khusus di Jerman, maka Kompasianer Gaganawati Stegmann akan merias sendiri apa yang ingin dikenakan.

Untuk keterampilan berdandan tersebut untungnya sudah Kompasianer Gaganawati Stegmann lakukan sejak masih sekolah dan tinggal di Indonesia. (Baca selengkapnya)

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X