Jelang Lebaran, KPK Ingatkan Penyelenggara Negara Tidak Terima Gratifikasi

Kompas.com - 11/05/2021, 14:40 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang Hari Raya Idul Fitri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperingatkan seluruh penyelenggara negara untuk tidak melakukan permintaan, pemberian, serta penerimaan gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya.

"Penyelenggara negara dilarang meminta dana dan/atau hadiah sebagai Tunjangan Hari Raya (THR) baik secara individu atau mengatasnamakan institusi," kata Ketua KPK Firli Bahuri melalui keterangan tertulisnya dikutip Selasa (11/5/2021).

Firli kembali mengingatkan, bila ada oknum yang memberi hadiah berupa hadiah maupun uang maka wajib ditolak atau dilaporkan kepada KPK dalam jangka waktu 30 hari kerja.

Baca juga: Pegawai KPK Beralih Jadi ASN, Menpan-RB: Gajinya Bisa Naik

 

Jika penerimaan tersebut tidak dilaporkan, lanjut Firli, maka penyelenggara negara yang menerima bisa disangkakan dua pasal dalam undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Lebih lanjut kata dia, apabila gratifikasi tersebut berupa bingkisan makanan yang mudah rusak dan/atau kadaluarsa, KPK mengimbau untuk disalurkan sebagai bantuan sosial ke pihak yang membutuhkan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penerimaan ini juga tetap wajib dilaporkan kepada Unit Pengendalian Gratifikasi di instansi masing-masing atau melalui aplikasi Gratifikasi Online milik KPK.

Peringatan lainnya dari KPK tak lain penggunaan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi dalam rangka Lebaran juga tidak diperbolehkan.

Bagi yang ingin melaporkan adanya penerimaan gratifikasi bisa mengisi formulir pelaporan melalui tautan https://gratifikasi.kpk.go.id atau menghubungi Layanan Informasi Publik KPK di nomor telepon 198.

Baca juga: Luhut Minta KPK Pelototi Setiap Mega Proyek Pemerintah

Pelaporan gratifikasi juga dapat disampaikan kepada KPK melalui aplikasi pelaporan gratifikasi online (GOL) pada tautan https://gol.kpk.go.id , surat elektronik di alamat pelaporan.gratifikasi@kpk.go.id , atau alamat pos KPK.

Aplikasi pelaporan online dapat diunduh di Google Play Store atau Apple App Store dengan kata kunci GOL KPK, Gratifikasi KPK.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X