[POPULER MONEY] CT Tambah Saham di Garuda Indonesia | Usulan Besaran Pajak Kripto

Kompas.com - 12/05/2021, 06:20 WIB
Pemilik CT Corp Chairul Tanjung di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (14/1/2019) Kompas.com/YOGA SUKMANAPemilik CT Corp Chairul Tanjung di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (14/1/2019)
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mengumumkan telah melakukan pengalihan saham Finegold Resources Ltd milik GIAA ke PT Trans Airways.

Mengutip dari keterbukaan informasi, jumlah saham yang dialihkan ke perusahaan milik taipan Chairul Tanjung sebanyak 635 juta lebih.

Berita tersebut menjadi berita terpopuler di kanal Money Kompas.com pada Selasa (11/5/2021).

Sementara itu, ada 4 artikel yang masuk dalam daftar berita populer Money. Apa saja? berikut ini daftarnya:

1. Chairul Tanjung Tambah Kepemilikan 635 Juta Lembar Saham di Garuda Indonesia

Perubahan kepemilikan saham dari GIAA ke Trans Airways ini diteken langsung oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Surat laporan perubahan kepemilikan saham GIAA tersebut secara elektronik ditujukan kepada Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK.

"Kami dengan ini memberitahukan bahwa Finegold Resources Ltd telah mengalihkan seluruh saham miliknya dalam PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan jumlah keseluruhan 635.739.990 saham kepada PT Trans Airways berdasarkan dokumen sebagaimana terlampir," ujar Direktur Utama Trans Airways Warnedy melalui keterangan tertulis, dikutip Selasa (11/5/2021). 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Selain OJK, Otoritas Internasional Juga Wanti-wanti soal Investasi Aset Kripto

Dengan demikian, saham Chairul Tanjung di GIAA bertambah sebanyak 7,31 miliar atau setara 28,26 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor perseroan.

Sebelum melakukan transaksi peralihan, saham Trans Airways di GIAA sebesar 6,68 miliar atau setara 25,81 persen. Harga pembelian atau penjualan saham GIAA sendiri sebesar Rp 499 per lembarnya. Transaksi peralihan tersebut telah berlangsung pada 6 Mei 2021.

Baca berita selengkapnya klik di sini.

2. Soal Besaran Pajak Kripto, Ini Usulan Tokocrypto dan Indodax

Pemerintah akan menerapkan pajak pada investasi dan atau transaksi uang kripto (cryptocurrency). Sejatinya, bagi para broker pengenaan pajak bukan masalah besar. Hanya saja, para pelaku pasar berharap ada beberapa hal yang diperhatikan.

Chief Operations Officer Tokocrypto dan Ketua Umum Aspakrindo (Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia) Teguh Kurniawan Harmanda mengatakan, bagi Aspakrindo, pendekatan pemberian pajak pada industri aset kripto ini ada plus minusnya.

Baca juga: Setoran Pajak Pelanggan Netflix hingga Zoom Tembus Rp 1,89 Triliun

"Satu sisi bagus agar industri ini bisa lebih berkembang karena kontribusinya pada negara lewat pendapatan dari pajak tersebut," ujar dia, Senin (10/5/2021).

CEO Indodax Oscar Damarwan juga buka suara, Lantas berapa usulan pajak kripto dari Tokocrypto dan Indodax? Baca artikel selengkapnya klik di sini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X