Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSI Siapkan Dana Rp 6,37 Triliun Saat Lebaran 2021

Kompas.com - 12/05/2021, 18:36 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyiapkan dana Rp 6,37 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal nasabah pada Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H tahun 2021.

Direktur Information Technology Bank Syariah Indonesia, Achmad Syafii mengatakan, angka ini naik 30 persen secara tahunan atau year on year (yoy) dibandingkan kebutuhan dana kas lebaran tahun sebelumnya yaitu Rp 4,9 triliun.

Dia bilang, proporsi penyiapan dana Rp 6,37 triliun ini terbagi atas, Rp 2,6 triliun digunakan untuk kebutuhan penukaran nasabah dan Rp 3,7 triliun digunakan untuk kebutuhan kas ATM.

Baca juga: Tak Ada Penukaran Uang Baru, Nasabah Pilih Tarik di ATM Pecahan Rp 20.000

“Penyediaan uang kartal Bank Syariah Indonesia berkoordinasi dengan Bank Indonesia di masing-masing wilayah dalam memenuhi kebutuhan ketersediaan dan peredaran uang kartal di seluruh cabang,” kata Achmad melalui siaran pers, Rabu (12/5/2021).

Layanan penukaran kepada masyarakat dilakukan di 1.563 cabang BSI. Selain itu BSI juga bekerja sama dengan Bank Indonesia setempat untuk melayani penukaran uang di 35 titik.

Penukaran uang di 35 titik mengikuti ketentuan BI untuk non-nasabah BSI yaitu layanan penukaran dari tanggal 14 April hingga 11 Mei 2021 dengan membatasi jumlah penukar dalam ruangan.

Setiap penukar dapat menukarkan uang maksimal Rp 3,7 juta per KTP atau per pack atau 100 lembar atau disesuaikan dengan stok uang yang ada untuk masing-masing pecahan, yang terdiri dari pecahan Rp 20.000 sampai pecahan Rp 2.000.

Selama libur Idul Fitri 1442 H, jadwal penutupan operasional cabang yakni pada 12 sampai 14 Mei 2021. Mulai 17 Mei 2021, BSI kembali beroperasi normal.

Baca juga: Masyarakat Bisa Tukar Uang Rp 75.000 untuk Angpau Lebaran di Bank

Nasabah BSI dapat menggunakan layanan digital Bank Syariah Indonesia dalam bertransaksi yaitu melalui BSI Mobile untuk membuka rekening, sebanyak 2.462 ATM untuk melakukan penarikan tunai.

Untuk mengoptimalkan layanan di wilayah Aceh, BSI tetap buka pada tanggal 12,14, dan 15 Mei 2021 untuk Kantor Cabang Banda Aceh Daud Beureueuh, KC Lhokseumawe, KC Banda Aceh Cut Meutia, KC Bireun, KC Blangpidie, KC Kuala Simpang, KC Kutacame, KC Langsa, KC Lhokseumawe Merdeka, KC Meulaboh, KC Sigli, KC Takengon, KC Tapaktuan, KC Banda Aceh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com