Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahalnya Iron Dome, Teknologi Israel Penghalau Roket Hamas

Kompas.com - 17/05/2021, 20:34 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Konflik Palestina-Israel kembali memanas sejak beberapa hari terakhir. Israel terus menggempur wilayah yang dikuasai Hamas dengan serangan udara dan artileri.

Serangan-serangan Israel di Jalur Gaza yang wilayahnya relatif padat penduduk, membuat korban sipil banyak berjatuhan, tak terkecuali anak-anak.

Sementara Hamas yang memiliki keterbatasan sumber daya, hanya bisa melawan dengan meluncurkan roket ke wilayah Israel terdekat yang bisa dijangkau.

Kendati demikian, banyak roket yang dilepaskan Hamas bisa ditangkis oleh sistem pertahanan Iron Dome yang berarti kubah besi.

Baca juga: Mengapa Israel Begitu Kaya Raya?

Iron Dome adalah sistem pertahanan Israel atas serangan rudal dan ancaman di udara lainnya. Sistem pertahanan tersebut berbasis rudal darat ke udara untuk jarak dekat.

Iron Dome berfungsi melacak dan menghancurkan rudal atau sistem udara apa pun yang memasuki jangkauan sistem pertahanan. 

Mahalnya Iron Dome

Meski begitu, Israel juga harus mengeluarkan biaya tak sedikit untuk membangun dan mengoperasikan radar dan rudal pencegat Iron Dome.

Dikutip dari DW, satu rudal pencegat dilaporkan memiliki harga 80.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,14 miliar (kurs Rp 14.300).

Baca juga: Hubungan Dagang Turki-Israel Semakin Mesra di Bawah Erdogan

Bahkan beberapa sumber lain melaporkan, harga rudal pencegat Iron Dome mencapai 150.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,15 miliar per buah.

Saking mahalnya harga satu rudal tersebut, memaksa Israel juga harus berhemat. Caranya, mereka hanya akan meluncurkan rudal pencegat untuk setiap roket Hamas yang dianggap bisa mengarah ke area penduduk atau infrastruktur penting.

Roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza, yang dikendalikan oleh gerakan Hamas Palestina, dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome Israel pada Rabu (12/5/2021).AFP PHOTO/MAHMUD HAMS Roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza, yang dikendalikan oleh gerakan Hamas Palestina, dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome Israel pada Rabu (12/5/2021).

Dalam operasinya, Iron Dome memiliki sistem radar canggih pendeteksi arah roket yang diluncurkan musuh. Iron Dome akan mengabaikan roket yang diprediksi akan mendarat di tanah kosong.

Pencegat, yang ditembakkan secara vertikal baik dari unit bergerak maupun situs peluncuran statis, dirancang untuk meledakkan roket yang masuk di udara, menghasilkan ledakan di langit yang menyertai sirene peringatan selama konflik Israel-Palestina baru-baru ini.

Baca juga: RI Ekspor Tepung Kelapa ke Israel

Angkatan bersenjata Israel, IDF, melaporkan bahwa Hamas sudah menembakan lebih dari 1.000 roket sejak awal konflik. Namun hanya sedikit yang bisa menerobos pertahanan Iron Dome.

Israel sendiri mengklaim kalau tingkat keberhasilan Iron Dome dalam mencegat roket musuh mencapai 90 persen.

Kelemahan Iron Dome

Namun begitu, sistem pertahanan canggih ini juga tak luput dari kekurangan. Hamas juga tampaknya sudah mempelajari cara kerja Iron Dome, di mana mereka mulai menembakan roket secara salvo beruntun dan bersamaan untuk menguji batas maksimal pertahanan Iron Dome.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com