Mahalnya Iron Dome, Teknologi Israel Penghalau Roket Hamas

Kompas.com - 17/05/2021, 20:34 WIB
Sistem pertahanan Iron Dome. AFP/JACK GUEZSistem pertahanan Iron Dome.

KOMPAS.com - Konflik Palestina-Israel kembali memanas sejak beberapa hari terakhir. Israel terus menggempur wilayah yang dikuasai Hamas dengan serangan udara dan artileri.

Serangan-serangan Israel di Jalur Gaza yang wilayahnya relatif padat penduduk, membuat korban sipil banyak berjatuhan, tak terkecuali anak-anak.

Sementara Hamas yang memiliki keterbatasan sumber daya, hanya bisa melawan dengan meluncurkan roket ke wilayah Israel terdekat yang bisa dijangkau.

Kendati demikian, banyak roket yang dilepaskan Hamas bisa ditangkis oleh sistem pertahanan Iron Dome yang berarti kubah besi.

Baca juga: Mengapa Israel Begitu Kaya Raya?

Iron Dome adalah sistem pertahanan Israel atas serangan rudal dan ancaman di udara lainnya. Sistem pertahanan tersebut berbasis rudal darat ke udara untuk jarak dekat.

Iron Dome berfungsi melacak dan menghancurkan rudal atau sistem udara apa pun yang memasuki jangkauan sistem pertahanan. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mahalnya Iron Dome

Meski begitu, Israel juga harus mengeluarkan biaya tak sedikit untuk membangun dan mengoperasikan radar dan rudal pencegat Iron Dome.

Dikutip dari DW, satu rudal pencegat dilaporkan memiliki harga 80.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,14 miliar (kurs Rp 14.300).

Baca juga: Hubungan Dagang Turki-Israel Semakin Mesra di Bawah Erdogan

Bahkan beberapa sumber lain melaporkan, harga rudal pencegat Iron Dome mencapai 150.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,15 miliar per buah.

Saking mahalnya harga satu rudal tersebut, memaksa Israel juga harus berhemat. Caranya, mereka hanya akan meluncurkan rudal pencegat untuk setiap roket Hamas yang dianggap bisa mengarah ke area penduduk atau infrastruktur penting.

Roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza, yang dikendalikan oleh gerakan Hamas Palestina, dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome Israel pada Rabu (12/5/2021).AFP PHOTO/MAHMUD HAMS Roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza, yang dikendalikan oleh gerakan Hamas Palestina, dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome Israel pada Rabu (12/5/2021).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X