Ada Proyek Kereta Cepat, Jasa Marga Lakukan Buka Tutup Jalur di Ruas Tol Padaleunyi

Kompas.com - 24/05/2021, 21:19 WIB
Foto udara konstruksi untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung di samping Jalan Tol Purbaleunyi di Pasir Koja, Bandung Jawa Barat, Minggu (17/1/2021). ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISIFoto udara konstruksi untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung di samping Jalan Tol Purbaleunyi di Pasir Koja, Bandung Jawa Barat, Minggu (17/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) melakukan rekayasa lalu lintas secara situasional di sekitar Interchange Buah Batu ruas Tol Padaleunyi, kilometer (Km) 142, Bandung, Jawa Barat.

Rekayasa lalu lintas ini dilakukan karena adanya pekerjaan pier portal Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto mengatakan, pihak Jasa Marga bekerja sama dengan kepolisian akan melakukan pengalihan lalu lintas serta buka tutup jalur hingga 15 menit.

Baca juga: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kapan Selesai?

"Pekerjaan ini akan dilaksanakan pada periode window time (00.00-04.00 WIB) bekerja sama dengan PJR, Kepolisian wilayah dan Dinas Perhubungan akan dilakukan rekayasa lalu lintas secara situasional berupa pengalihan lalu lintas untuk kendaraan kecil melalui detour dan buka tutup lajur selama 10 sampai 15 menit untuk kendaraan besar," jelasnya lewat keterangan tertulis, Senin (24/5/2021).

Lebih lanjut kata dia, pekerjaan pemasangan pier portal tersebut akan dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 25 Mei dan 27 Mei 2021.

"Pekerjaan dilaksanakan selama dua hari, yaitu untuk pemasangan supporting system dan safety deck pada satu buah pier portal di bagian off ramp dan satu buah pier portal di bagian on ramp akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2021," jelasnya lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) juga telah menyiapkan rambu-rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar.

Baca juga: 60 Batang Rel Kereta Cepat Asal China Tiba, Masuk Tahap Pengelasan

 

Berikutnya, petugas akan memasang rambu pengalihan lalu lintas, memasang lampu selang, menyiagakan petugas pengaturan lalu lintas serta memastikan petugas tetap menjaga protokol kesehatan di lokasi pekerjaan.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan tersebut. Diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, mengatur waktu perjalanannya, mengecek kondisi lalulintas perjalanan melalui aplikasi Travoy 3.0 atau peta perjalanan digital lainnya jika diperlukan, serta memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.