Aturan COD: Pembeli Wajib Bayar ke Kurir Sebelum Buka Paket

Kompas.com - 28/05/2021, 07:15 WIB
Kapolsek Ciputat Timur Kompol Jun Nurhadia saat berinteraksi dengan MDS (44), pria yang ancam kurir dengan pedang di Ciputat, Kamis (27/5/2021). KOMPAS.com/Tria SutrisnaKapolsek Ciputat Timur Kompol Jun Nurhadia saat berinteraksi dengan MDS (44), pria yang ancam kurir dengan pedang di Ciputat, Kamis (27/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus kurir jadi korban luapan amarah pembeli jual beli online kembali terulang. Kasus terbaru menimpa seorang kurir yang mengantar paket kepada seorang pembeli di Ciputat, Tangerang Selatan. 

Kejadian bermula ketika pembeli memaksa uang yang sudah dibayarkan dengan sistem bayar di tempat (COD) untuk dikembalikan. Seorang pengantar barang dari perusahaan ekspedisi SiCepat mendapatkan ancaman dari pembeli yang mengayun-ayunkan pedang katana.

Sang pembeli menggertak akan mencelakai kurir dengan pedangnya jika tak segera mengembalikan uangnya. Di sisi lain, pembeli tersebut telah membongkar kemasan paket. 

Lalu, bagaimana sebenarnya skema pembelian di marketplace menggunakan metode COD?

Baca juga: Abdee Slank Jadi Komisaris BUMN Telkom, Apa Kompetensinya?

COD merupakan salah satu fitur di e-commerce yang memungkinkan pembeli membayar pesanannya setelah pesanan sampai. Fitur ini berbeda dengan metode pembayaran lainnya yang harus dilakukan sebelum barang diproses penjual.

“Konsumen Tanah Air harus lebih cermat dan cerdas dalam berbelanja online menggunakan fitur COD untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diharapkan seperti yang sempat viral beberapa waktu belakangan,” kata Chief Marketing Officer Ninja Xpress Andi Djoewarsa dalam keterangannya seperti dikutip pada Jumat (28/5/2021). 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Andi Djoewarsa mengatakan, sistem COD memiliki beberapa risiko bagi pembeli seperti barang yang tak sesuai. Sehingga, bagi pembeli sebaiknya memilih toko dengan reputasi yang baik ketika memilih membayar dengan COD. 

Ia bilang, toko online yang memiliki track record bagus dapat dilihat melalui kolom komentar masing-masing produk dan dapat dilihat melalui jumlah bintang sebagai penilaian konsumen lain.

Baca juga: 15 Istilah Jual Beli Online: COD, PCB, PO, No Afgan, Tijek, hingga DM


Ketentuan COD

Salah satu marketplace Tanah Air, Tokopedia menulis, pembayaran di tempat atau COD adalah merupakan pilihan metode pembayaran disediakan oleh Tokopedia, yang mana mitra (pembeli) dapat melakukan pembayaran tunai pada saat barang diterima.

Sementara itu dikutip dari laman resmi Shopee Indonesia, COD adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat setelah pesanan dari kurir diterima oleh pembeli. Dengan kata lain, COD artinya hanya pilihan metode pembayaran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.