Ketahui Investasi di Pasar Modal, Cara Kaya Sambil Tidur

Kompas.com - 05/06/2021, 09:50 WIB
Ilustras: Suasana perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustras: Suasana perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

KOMPAS.com - Ingin kaya raya, pakai cara yang pasti-pasti saja biar dikira tetangga, kamu memelihara "babi ngepet". Cuma di rumah, tapi duitnya banyak.

Memangnya bisa? Pasti bisa. Salah satunya dengan investasi di pasar modal. Ini namanya kerja cerdas.

Kerja dari rumah, malah bisa sambil tidur, kamu dapat mencetak uang. Duit dengan sendirinya mengalir ke rekening.

Seperti kata Lo Kheng Hong, investor saham kawakan yang dijuluki Warren Buffett-nya Indonesia.

“Harta karun kekayaan terbesar yang ada di dunia, adanya di pasar modal. Bukan di bawah laut. Nilainya nyata dan transparan. Sangat disayangkan bila ada orang yang tidak mengenal pasar modal.”

Pantas saja, pasar modal Indonesia kini didominasi anak muda, termasuk milenial. Mengutip data Bursa Efek Indonesia (BEI), dari 3,53 juta investor pasar modal per November 2020, lebih dari 70 persennya ada di rentang usia hingga 40 tahun.

Bagaimana tertarik terjun jadi investor pasar modal Indonesia? Cermati.com akan mengulas pengertian pasar modal Indonesia dan produk apa saja yang ditawarkan?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa itu Pasar Modal?

Dari laman resmi BEI, pasar modal adalah sarana bertemunya perusahaan maupun institusi lain seperti pemerintah yang membutuhkan dana dari masyarakat untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja, dan lainnya dengan masyarakat yang ingin investasikan uang mereka.

Guna meraup dana segar, perusahaan atau institusi dapat menerbitkan saham atau surat utang. Selanjutnya masyarakat atau investor membeli instrumen tersebut di pasar modal, sehingga bisa mendanai kebutuhan mereka.

Produk Investasi di Pasar Modal

Pasar modal Indonesia memperdagangkan saham, obligasi atau surat utang, reksadana, serta bentuk lain, seperti waran dan produk derivatif (turunan) lain dari efek.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.