Kompas.com - 06/06/2021, 11:14 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga emas spot membalikkan penurunan pada perdagangan terakhir pekan ini.

Jumat (4/6/2021), harga emas spot melonjak 1,11 persen ke 1.891,59 dollar AS per ons troi jika dibandingkan dengan hari sebelummya 1.870,76 dollar AS per ons troi.

Namun untuk sepekan ini harga emas spot masih melemah 0,64 dollar AS dari 1.903,77 dollar AS per ons troi pada akhir pekan lalu.

Baca juga: Naik Rp 11.000, Simak Rincian Harga Emas Antam Terbaru Hari Ini

Harga emas rebound dari level terendah lebih dari dua minggu pada hari Jumat setelah nonfarm payrolls AS tidak naik sebanyak yang diharapkan.

"Kami melihat reli moderat setelah sedikit meleset pada nonfarm payrolls. Beberapa pengamat pasar mengharapkan angka yang jauh lebih besar dan ketika itu tidak terjadi, bullish pasar emas semacam menghela nafas lega," kata analis senior Kitco Metals Jim Wyckoff kepada Reuters seperti dilansir Kontan.co.id.

Nonfarm payrolls AS meningkat 559.000 bulan lalu dibandingkan perkiraan 650.000 dalam jajak pendapat Reuters. Sementara pesanan baru untuk barang-barang buatan AS turun lebih dari yang diharapkan pada bulan April.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kapan Waktu Tepat untuk Investasi Emas?

Indeks dollar AS turun dari level tertinggi tiga minggu, membuat emas lebih terjangkau bagi pemegang mata uang lainnya. Sementara yield US Treasury acuan tenor 10-tahun juga bergerak lebih rendah.

"Bagian dari apa yang kami lihat dalam hal kekuatan emas adalah ekspektasi inflasi dan itu sebagian didasarkan pada data ekonomi yang lebih kuat, seperti pertumbuhan lapangan kerja yang lebih tinggi, pemulihan yang lebih luas di AS (dan) sebagian Eropa, dan China," kata Jeffrey Christian, Managing Partner CPM Group.

Christian memperkirakan harga emas mungkin akan terus diperdagangkan antara level 1.855 dollar AS dan 1.920 dollar AS per ons troi. (Wahyu Tri Rahmawati)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Harga emas melesat lebih dari 1% di akhir pekan



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X