Jateng Bakal Punya Bendungan Tertinggi di Indonesia, Ini Penampakannya

Kompas.com - 12/06/2021, 14:39 WIB
Desain animasi Bendungan Bener yang akan jadi bendungan tertinggi di Indonesia. Kementerian BUMNDesain animasi Bendungan Bener yang akan jadi bendungan tertinggi di Indonesia.


JAKARTA, KOMPAS.com – Proyek Bendungan Bener yang bakal dibangun di Desa Guntur, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng), akan menjadi bendungan tertinggi di Indonesia.

Proyek tersebut dikerjakan oleh perusahaan pelat merah alias Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Brantas Abipraya (Persero).

Bendungan ini adalah salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang telah ditetapkan melalui Prepres No 56 Tahun 2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Baca juga: Daftar 9 Pentolan NU yang Jadi Komisaris BUMN

Direktur Operasi 1 Brantas Abipraya Catur Prabowo menyebut, Bendungan Bener tak hanya akan jadi yang tertinggi di Indonesia, tetapi juga merupakan bendungan tertinggi kedua di Asia Tenggara.

“Iya, nantinya bendungan ini akan menjadi yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 159 meter, panjang timbunan 543 meter dan lebar bawah sekitar 290 meter,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip pada Sabtu (12/6/2021).

Saat ini, proyek tersebut sudah mulai dikerjakan. Bendungan Bener ditargetkan rampung dan beroperasi pada tahun 2023 mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami (Brantas Abipraya) fokuskan pada tahap pembuatan akses jalan, terowongan dan main dam,” kata Catur Prabowo.

Baca juga: Ini Proyek Bendungan yang Bikin Warga di Takalar Tajir Mendadak

Bendungan Bener ini diproyeksikan mampu mengairi lahan pertanian seluas 15.069 hektar, serta mengurangi debit banjir sebesar 210 m3/detik. Bendungan ini memiliki kapasitas tampungan air 100,94 juta meter kubik.

Fungsi Bendungan Bener lainnya adalah sebagai penyedia air baku untuk keperluan rumah tangga, kota dan industri sebesar 1.500 liter/detik ke 10 kecamatan di kabupaten Purworejo, 3 kecamatan di kabupaten Kebumen dan 2 kecamatan di kabupaten Kulon Progo.

Tak hanya itu, Catur menambahkan bahwa bendungan ini juga akan difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Pasalnya, Bendungan Bener juga dapat menyuplai energi listrik sebesar 6 megawatt (MW).

Baca juga: Tinjau 2 Proyek Bendungan Ciliwung, Luhut: Menurut Saya Sudah Paten

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X