Dirut Pertamina: Standar Safety Kilang Cilacap Benar-benar Aman

Kompas.com - 13/06/2021, 07:24 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati saat meninjau lokasi kebakaran di Kilang Cilacap, Jawa Tengah (12/6/2021). Dok. PertaminaDirektur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati saat meninjau lokasi kebakaran di Kilang Cilacap, Jawa Tengah (12/6/2021).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, meninjau langsung penanganan insiden kebakaran di area tangki penyimpanan Kilang Cilacap, Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil tinjauan pada Sabtu (12/6/2021), Nicke mengatakan, tim emergency Pertamina Kilang Cilacap telah berupaya maksimal melakukan pemadaman api.

Saat kunjungan tersebut, ia menyampaikan satu titik api yang telah dipadamkan, namun muncul satu titik api lagi yang saat ini harus diselesaikan.

"Kami meminta kepada Tim Emergency untuk fokus segera menyelesaikan titik kebakaran yang masih terjadi dan Alhamdulillah tidak ada korban,” katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (13/6/2021).

Baca juga: Tiket ke Luar Angkasa Bersama Jeff Bezos Laku Rp 397,6 Miliar

“Standar safety yang diterapkan Kilang Cilacap betul-betul aman, tinggal masalah waktu dan bagaimana penanganan agar lebih ofensif dan proses pendinginan terus dilakukan," tambahnya.

Selanjutnya, atas insiden ini Nicke menekankan dua hal, pertama, operasional kilang tidak terganggu dan masih berjalan seperti biasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, pelayanan kepada masyarakat dan customer tetap terlaksana dengan baik. Pasalnya, Pertamina memiliki pemasok cadangan, yakni Kilang TPPI, Jawa Timur.

"Komitmen kami dalam penyediaan BBM dan elpiji kepada masyarakat tidak akan terganggu, serta komitmen kepada customer khusus benzene semua sudah terpenuhi,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah pada Jumat (11/5/2021) pukul 19.45 WIB. Salah satu tangki yang berisi benzene di area kilang itu terbakar.

"Kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah ini terjadi pada pukul 19.45 WIB dan penyebab kebakaran masih belum diketahui," ujar Area Manager Communication, Relations, & CSR RU IV Cilacap - Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina, Hatim Ilwan dalam keterangannya, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Pertamina: Titik Kebakaran Kilang Cilacap Jauh dari Permukiman



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X