Deretan Pensiunan Jenderal Polisi yang Jadi Komisaris BUMN

Kompas.com - 14/06/2021, 13:01 WIB
Gedung Kementerian BUMN di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Kompas.com/Akhdi Martin PratamaGedung Kementerian BUMN di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Tanah Air, sudah lazim mantan petinggi Polri berpangkat jenderal yang menduduki jabatan komisaris BUMN. Selain purnawirawan, posisi komisaris perusahaan negara juga kerap diisi para jenderal polisi aktif.

Kementerian BUMN menegaskan, kalau hal tersebut tak menyalahi aturan selama mantan anggota Polri tersebut memiliki kompetensi untuk menjadi komisaris di sebuah BUMN.

Komisaris dari unsur purnawirawan Polri ditempatkan Kementerian BUMN di perusahaan-perusahaan pelat merah dalam kapasitasnya sebagai wakil pemerintah sebagai pemegang saham.

Berikut ini daftar purnawirawan jenderal polisi yang menjabat sebagai komisaris BUMN seperti dirangkum dari laman resmi masing-masing perusahaan:

Baca juga: Daftar 9 Pentolan NU yang Jadi Komisaris BUMN

1. Arman Depari

Arman Depari saat ini tercatat menjabat sebagai Komisaris PT Pelindo I sejak 20 April 2020. Mengawali pendidikan militernya di Akpol tahun 1985, Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) di tahun 1996, Sespimpol di tahun 2000, dan Sespati di tahun 2009.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sempat menjabat Kasatkrimum Polda Riau dan Polda Sumatera Utara, dan diangkat sebagai Kapolres Langkat pada tahun 2002, Kaden 88 / AT Polda Sumatera Utara di tahun 2006, Dirresnarkoba Polda Metro Jaya pada tahun yang sama.

Lalu Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri di tahun 2009, Kapolda Kepulauan Riau tahun 2014, dan sejak 2016 menjabat sebagai Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI.

2. Raja Erizman

Raja Erizman adalah satu komisaris di PT Jasa Marga (Persero) Tbk sejak 27 Mei 2021. Memiliki latar belakang pendidikan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (1985).

Baca juga: Mengapa Banyak Pensiunan Jenderal TNI Jadi Komisaris BUMN?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.