Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Bank Beri Pembiayaan Rp 11 Triliun untuk Jalan Tol Serang-Panimbang

Kompas.com - 18/06/2021, 21:30 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan senilai Rp 6 triliun.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama WSP Mulyana dengan perwakilan Bank Mandiri, Bank Jateng, Bank Papua, Bank Sumut, Bank BJB, Bank Sulselbar, Bank Syariah Indonesia (BSI), Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Syariah, Bank Aceh, Bank Panin Dubai Syariah, Bank Sumut Syariah.

Selain selaku kreditur dalam transaksi ini, Bank Mandiri dan BSI bertindak juga sebagai Joint Mandated Lead Arranger and Bookrunner (JMLAB).

Baca juga: WIKA Raih Kontrak Baru Rp 5,5 Triliun, Termasuk Garap Rumah Dinas TNI

Mulyana mengatakan, penandatanganan perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan ini merupakan bentuk dukungan perbankan terhadap pembangunan Jalan Tol Serang Panimbang.

"Dana yang dihimpun akan digunakan untuk fase konstruksi sekaligus persiapan operasi Jalan Tol Serang Panimbang," ujar Mulyana dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/6/2021).

Mulyana mengungkapkan, pada tahun 2021 ini, Jalan Tol Serang – Panimbang Seksi 1 yang membentang sepanjang 26,5 KM antara Serang – Rangkasbitung akan beroperasi.

"Sementara itu, pengerjaan seksi 2 sepanjang 24,2 KM antara Rangkasbitung-Cileles kini mulai dilaksanakan," kata dia.

Baca juga: WIKA Raup Laba Bersih Rp 322 Miliar di 2020

Mulyana menambahkan, pihaknya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memiliki kewajiban untuk membangun dan mengoperasikan jalan tol ruas Serang – Panimbang sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Dengan tujuan utama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan di wilayah Banten dan mendukung terciptanya aksesibiltas dan konetivitas," ungkapnya.

Baca juga: Anak Usaha Wika Buka Banyak Lowongan untuk S1, Ini Posisi dan Cara Mendaftarnya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com