Kompas.com - 22/06/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi kredit. SHUTTERSTOCKIlustrasi kredit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menemukan cara melunasi utang yang efektif dan sesuai bisa memberi keringanan terhadap beban finansial yang perlu Anda hadapi selama pandemi Covid-19 ini.

Ketelitian merupakan hal penting yang perlu Anda tanamkan sebagai salah satu modal cara melunasi utang dengan efektif. Sebab, Anda membutuhkan perhitungan yang matang agar bisa menemukan cara melunasi utang dengan baik tanpa harus mengorbankan kebutuhan sehari-hari.

Namun, jika Anda sudah terlanjur terjebak di dalam situasi beban utang mulai mengganggu alokasi finansial untuk kebutuhan sehari-hari, maka Anda harus serius menemukan cara melunasi utang secara efektif dan bijak.

Baca juga: Kenali Perbedaan Utang dan Piutang dalam 7 Hal Ini

Mengutip laman cimbniaga.co.id, berikut 7 cara melunasi utang dengan efektif:

  • Buatlah Rekapitulasi Utang

Dalam mencoba melunasi utang secara efektif, Anda perlu membuat rincian daftar atau rekapitulasi utang terlebih dahulu. Cara melunasi utang ini merupakan langkah penting untuk dilakukan agar Anda bisa menemukan skema terbaik dalam kembali menghadirkan kestabilan finansial dengan melunasi utang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Buatlah daftar utang, mulai dari cicilan rumah, cicilan kendaraan, cicilan kartu kredit, serta cicilan pinjaman lainnya yang Anda miliki saat ini. Beri informasi secara rinci terkait jumlah total serta cicilan per bulannya.

Selanjutnya kalkulasikan dengan pendapatan yang Anda punya. Cara melunasi utang ini bisa membantu Anda merencanakan atau memilih beban utang mana saja yang jadi prioritas utama untuk dilunasi agar kondisi keuangan kembali stabil dan bisa menjalani hari-hari lebih nyaman.

  • Perkuat Niat dan Tekad

Setelah Anda selesai membuat daftar utang yang dmiliki, cara melunasi utang selanjutnya adalah untuk beristirahat sejenak sekaligus memperkuat niat dan tekad. Mungkin setelah mengetahui total beban utang yang Anda miliki saat ini bisa saja Anda merasa cemas dan takut tidak bisa melunasi segala macam tagihan secara tepat waktu.
Untuk itu, Anda harus tenang dan beristirahat sejenak. Gunakan waktu istirahat ini untuk berpikir jernih sambil menumbuhkan niat dan tekad yang kuat.

Pasalnya, niat dan tekad ini dibutuhkan agar Anda mampu disiplin dalam menjalani tanggung jawab untuk melunasi utang yang dimiliki saat ini. Pastikan juga Anda memikirkan tentang konsekuensi yang mungkin saja akan mengganggu alokasi dana kebutuhan sehari-hari demi menjalankan cara melunasi utang secara efektif.

  • Mulai Bayar dengan Skala Prioritas

Saat sudah yakin bahwa Anda mempunyai niat yang kuat dan memahami konsekuensi dari cara melunasi utang yang efektif ini, segera mulai untuk membayar utang secara perlahan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.