Kompas.com - 24/06/2021, 17:38 WIB
Ilustrasi Bank Digital ShutterstockIlustrasi Bank Digital
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan bank digital nasional semakin ketat. Pada paruh pertama tahun ini saja, tercatat sudah ada 4 bank digital baru yang beroperasi di Indonesia.

Dengan semakin ramainya pemain dalam negeri, bank digital perlu memiliki strategi khusus agar dapat bersaing menggaet nasabah.

Direktur Consumer Banking Bank KEB Hana Indonesia Anton Hermawan menyadari, produk layanan keuangan yang ditawarkan oleh bank digital akan memiliki kesamaan satu sama lain.

"Jadi layanan digital banking kalau kita jalankan hanya dari 1 bank saja, maka most likely layanannya akan sama dengan yang lain," katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (24/6/2021).

Menurutnya, kolaborasi menjadi penting bagi bank digital untuk memberikan fitur atau layanan yang berbeda bagi para nasabah.

Oleh karenanya, Hana Bank memutuskan untuk menggandeng platform komunikasi Line, untuk meluncurkan layanan perbankan digital, dengan mengusung nama Line Bank.

Baca juga: Dana Haji di CIMB Niaga hingga Mei 2021 Naik 131 Persen

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kerja sama tersebut diharapkan mampu memberikan layanan keuangan yang mudah dan nyaman diakses oleh nasabah. Pasalnya, Line sudah memiliki pengalaman panjang dan pangsa pasar yang besar.

"Dengan kolaborasi ini dengan Line mudah-mudahan memberikan kemudahan pengguna Line untuk melakukan transaksi perbankan, dan kita juga bisa take in komunitas yang selama ini agak susah untuk di-take dari bank," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Funding Product and Digital Marketing Head Bank KEB Hana Indonesia Hilda Limyanton menyebutkan, Line Bank akan fokus menyasar kalangan milenial dan Gen Z ang sudah terbiasa dengan ekosistem LINE.

"Fasih di dunia digital dan menguasai penggunaan teknologi terkini," katanya.

Untuk memfasilitasi pangsa pasar tersebut, layaknya bank digital lain, Line Bank memiliki layanan pembukaan rekening secara digital, yang dapat dilakukan secara cepat.

"Dalam mempermudah akses nasabah, waktu pembuakaan rekning dari mulai registrasi hingga tabungan dibikin diharapkan bisa dilakukn 5 menit," ucapnya.

Baca juga: Tetap Aman di Rumah, Beli Buku Gramedia Bisa Pesan Antar



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X