Kompas.com - 27/06/2021, 13:36 WIB
Pekerja melintas di antara panel surya yang telah terpasang di pembangkit tenaga surya Chernobyl, Ukraina. Apa yang dimaksud dengan energi alternatif, energi alternatif adalah, contoh energi alternatif. Genya Savilov / AFPPekerja melintas di antara panel surya yang telah terpasang di pembangkit tenaga surya Chernobyl, Ukraina. Apa yang dimaksud dengan energi alternatif, energi alternatif adalah, contoh energi alternatif.

JAKARTA, KOMPAS.com - Energi alternatif adalah tren penggunaan energi di sejumlah negara dalam beberapa tahun terakhir. Lalu apa yang dimaksud dengan energi alternatif dan contoh energi alternatif?

Dikutip dari laman EDF Energy, energi alternatif adalah sumber energi yang bersifat terbarukan atau berkelanjutan (renewable energy). Terbarukan memiliki arti tak pernah habis meski dipakai dalam jumlah berapa pun.

Ini karena sumber energi alternatif adalah alam lewat proses alami secara terus menerus. Nama lain energi alternatif adalah energi non-karbon atau non-emisi.

Itu sebabnya, sumber ini disebut sebagai energi bersih. Energi alternatif adalah kebalikan dari energi fosil yang merupakan energi tak terbarukan.

Baca juga: Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui dan Contoh-contohnya

Dengan semakin meningkatnya teknologi, penggunaan energi alternatif terus mengalami peningkatan. Ini karena semakin banyak masyarakat yang sadar bahwa energi fosil berdampak buruk bagi kesehatan sekaligus merusak lingkungan.

Di beberapa negara, penerapan energi alternatif adalah bisa dibilang merupakan teknologi baru. Meski sebenarnya, penggunaan beberapa energi alternatif berarti menggunakan energi yang digunakan di masa lalu sebelum berkembangnya penggunaan energi fosil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai contoh, penggunaan energi angin dalam menggerakan layar perahu hingga irigasi sudah diterapkan sejak ribuan tahun lalu.

Berikut ini contoh energi alternatif yang lazim dipakai di seluruh dunia:

Baca juga: Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui dan Contohnya

1. Matahari

Matahari merupakan contoh energi alternatif yang tengah booming dalam satu dekade terakhir. Dengan sinar matahari, energi alternatif adalah memanfaatkan panasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.