Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Kode Referral yang Sering Dipakai untuk Promosi?

Kompas.com - 23/07/2021, 23:06 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kode referral adalah istilah yang sudah tak asing lagi bagi mereka yang sering berburu promo menarik, baik diskon maupun cashback. Lalu apa itu kode referral?

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan kode referral karena memberikan benefit tersendiri. Kode referral adalah salah satu instrumen promosi atau strategi marketing.

Misalnya dalam sebuah aplikasi, ketika seseorang memasukan kode referral, maka pihak penyedia aplikasi akan memberikan keuntungan sesuai yang dijanjikan apabila telah menyelesaikan pendaftaran atau pembelian produk.

Dikutip dari laman Referralrcok, kode referral adalah kode rujukan yang terdiri dari kombinasi unik dari angka atau huruf atau keduanya yang digunakan untuk mengidentifikasi peserta dalam sebuah program menarik pelanggan baru.

Baca juga: Apa Perbedaan Cashback dan Diskon?

Kode referral sendiri bisa didapatkan dari berbagai kanal promosi seperti media sosial. Contohnya, seorang mendapatkan kode referral ketika melihat iklan promosi di media sosial.

Dalam iklan tersebut dijelaskan, bahwa seseorang bisa mendapatkan harga khusus untuk pembelian unit produk apabila melakukan pembelian lewat aplikasi dengan memasukan kode referral.

Kode referral juga lazim dipakai untuk pelanggan yang mengajak orang lain menjadi pembeli baru atau mereka yang diajak.

Sebagai ilustrasi, sebuah bank memberikan kode referral untuk nasabahnya yang bisa mengajak orang lain untuk menyimpan dananya di produk perbankan tersebut.

Baca juga: Apa Itu Biaya Provisi pada KPR Bank?

Karena iming-iming mendapatkan hadiah, maka nasabah tersebut akan mengajak teman-temannya atau keluarganya. Sang teman atau kerabat yang diajak nantinya harus memasukan kode referral yang diberikan oleh pengajak.

Apabila berhasil, seseorang yang diajak sudah ikut bergabung dan memasukan kode referral, maka otomatis sang pengajak akan mendapatkan hadiah yang dijanjikan pihak bank.

Selanjutnya, nasabah baru yang diajak, juga biasanya akan mendapatkan kode referral lainnya yang juga bisa dipakai untuk syarat mendapatkan hadiah apabila orang lain ikut menjadi nasabah dan bersedia memasukan kode referral yang diberikan.

Dengan kata lain, kode referal adalah teknik marketing yang dapat memberikan keuntungan kepada pelanggan apabila sudah berhasil memenuhi syarat yang telah ditentukan. Yakni meminta orang lain memasukan kode referral saat yang bersangkutan menjadi pelanggan baru.

Baca juga: Daftar Lengkap Kode Bank di Indonesia untuk Keperluan Transfer

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com