Kompas.com - 25/07/2021, 12:38 WIB
Ilustrasi uang.  Apa itu spekulasi? Spekulasi adalah mengharap keuntungan dengan asumsi dari fluktuasi pasar (arti spekulasi). Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi uang. Apa itu spekulasi? Spekulasi adalah mengharap keuntungan dengan asumsi dari fluktuasi pasar (arti spekulasi).

JAKARTA, KOMPAS.com - Spekulasi adalah istilah yang seringkali dikaitkan dengan investasi saham. Ini karena investasi saham memiliki unsur ketidakpastian. Apa itu spekulasi?

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), spekulasi adalah pendapat atau dugaan yang tidak berdasarkan kenyataan. Arti spekulasi juga bisa berarti tindakan yang bersifat untung-untungan atau tindakan membeli atau menjual sesuatu yang mungkin mendatangkan untung besar.

Pada dasarnya, spekulasi adalah sering dikaitkan dengan perjudian. Sementara investasi adalah tindakan mencari untung di masa mendatang namun dengan tetap mempertimbangkan risiko.

Dalam perencanaan finansial, investasi bisa berupa pembelian saham, obligasi, pembelian logam mulia, pembelian tanah, reksadana, hingga memulai bisnis.

Baca juga: Apa Itu Bank Kustodian dalam Investasi Reksadana?

Keuntungannya pun bervariasi sesuai dengan jenis investasi seperti bunga, kupon, dividen, dan bentuk lain dari pengembalian modal.

Dalam investasi, membutuhkan analiis dan perhitungan untuk meminimalkan risiko. Seperti dalam investasi saham diperlukan analisis fundamental dan teknikal. Sementara spekulasi adalah mempertaruhkan uang dengan perkiraan asumsi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari The Economic Times, dalam istilah investasi, spekulasi adalah melibatkan diri dalam keputusan investasi pada instrumen keuangan dengan risiko tinggi dengan harapan mendapatkan keuntungan besar.

Motif dari spekulasi adalah mendapatkan keuntungan maksimal yang bukan didasarkan atas analisis, namun berdasarkan perkiraan fluktuasi pasar yang tidak pasti. Spekulan lazim di pasar modal di mana pergerakan harga sekuritas sangat sering dan tidak stabil.

Baca juga: Apa Itu Letter of Credit: Definisi, Fungsi, dan Contohnya



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.