Semester I 2021, Astra Graphia Bukukan Pendapatan Bersih Rp 1,25 Triliun

Kompas.com - 28/07/2021, 21:41 WIB
Gedung Astra International di Sunter, Jakarta Utara Dok Astra InternationalGedung Astra International di Sunter, Jakarta Utara

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Graphia Tbk (ASGR) membukukan peningkatan pendapatan bersih sebesar 4 persen di kuartal II 2021 dibandingkan kuartal sebelumnya, sehingga total pendapatan bersih konsolidasian di semester I tahun ini sebesar Rp 1,257 triliun.

Presiden Direktur Astra Graphia Hendrix Pramana mengatakan, penguatan penetrasi pasar dan percepatan realisasi peluang bisnis di area IT Services berhasil meningkatkan pendapatan bersih unit usaha solusi teknologi informasi yang dijalankan oleh entitas anak PT Astra Graphia Information Technology (AGIT).

"Pada unit usaha solusi dokumen, rendahnya tingkat aktivitas di lingkungan perkantoran berdampak pada penurunan volume cetak sehingga pendapatan berulang (annuity) masih belum bertumbuh. Kendati demikian, secara perlahan aktivitas pencetakan di sektor Graphic Art terlihat mengalami pemulihan dibandingkan periode semester pertama tahun lalu," ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Total Gaji Komisaris Astra International Mencapai Rp 1,8 Miliar

Sebagai bagian dari penetrasi pasar, PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) yang merupakan entitas anak yang menjalankan unit usaha solusi perkantoran, telah menandatangani kontrak sebagai penyedia katalog elektronik Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada 14 Juni 2021.

Menghadapi kondisi perekonomian yang masih dibayangi oleh ketidakpastian, Astragraphia melakukan adaptasi, mitigasi, dan mengedepankan operational excellence dalam setiap proses di seluruh lini bisnis. Sampai dengan 30 Juni 2021, Astragraphia telah melakukan perbaikan di beberapa pos pengeluaran dan mampu mengefisienkan biaya operasional sebesar 4 persen.

Dalam segala kondisi, Astragraphia berkomitmen untuk memberikan kualitas pelayanan pelanggan yang terbaik dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawan. Astragraphia senantiasa mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja dan secara aktif mengajak karyawan beserta keluarga untuk mengikuti program vaksin Covid-19 baik melalui vaksinasi program pemerintah maupun vaksinasi gotong royong.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak bulan Mei 2021, Astragraphia telah melakukan pemetaan karyawan beserta keluarga inti untuk mengikuti program vaksinasi gotong royong. Astragraphia menjadwalkan keikutsertaan karyawan di wilayah Jakarta dan kota-kota besar lainnya pada program vaksinasi gotong royong bersama Grup Astra di kuartal III 2021. Program vaksinasi ini akan berlangsung secara bertahap.

"Semoga karyawan Astragraphia dan keluarga yang telah divaksin dapat terlindungi dari Covid-19 serta membantu pemerintah dalam mempercepat terwujudnya herd immunity untuk mendorong pemulihan perekonomian nasional," harap dia.

Baca juga: 74 Produk UMKM Binaan Astra Tembus Pasar Ekspor

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.