Luhut Sebut Hyundai Bakal Pasok Oksigen untuk Kebutuhan Medis

Kompas.com - 29/07/2021, 20:56 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan tengah mengadakan rapat koordinasi secara daring membahas terkait percepatan pembangunan infrastruktur pengembangan Wilayah Provinsi Jawa Barat, di Jakarta, Selasa (16/2/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesMenko Marves Luhut Binsar Pandjaitan tengah mengadakan rapat koordinasi secara daring membahas terkait percepatan pembangunan infrastruktur pengembangan Wilayah Provinsi Jawa Barat, di Jakarta, Selasa (16/2/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia akan memproduksi oksigen untuk didonasikan ke pemerintah dalam upaya penanganan pandemi Covid-19.

Hal tersebut berdasarkan hasil pertemuan yang dilakukan Luhut dengan Presiden Hyundai Motor Asia Pasific Youngtack Lee beserta tim Hyundai Motor HQ di kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi pada Kamis (29/7/2021).

Dalam pertemuan tersebut, ia menyatakan, sangat menghargai niat baik Hyundai yang memberikan dukungan bagi penanganan pandemi di Indonesia. Luhut menyampaikan rasa terima kasih kepada Hyundai atas dukungan kepada Indonesia selama pandemi Covid-19.

"Saya sangat menghargai, karena Hyundai tidak bermaksud menerima manfaat apapun dan hanya melakukan atas dasar kontribusi sosial untuk Indonesia” ujar Luhut seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Ini Daftar Lengkap Passing Grade CPNS 2021

Dia menjelaskan, pabrik produksi oksigen milik perusahaan asal Korea Selatan ini memiliki luas sekitar 3.384 meter persegi dengan memakan biaya peralatan sebesar 4 juta dollar AS atau sekitar Rp 58 miliar (kurs Rp 14.500 per dollar AS).

Sementara untuk produksi oxygen generating dan boosting memakan biaya sebesar 600.000 dollar AS atau sekitar Rp 8,7 miliar. Pabrik ini mampu memproduksi oksigen sebesar 2 ton per hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Produksi oksigen akan mulai dilakukan Hyundai pada 30 Agustus 2021. Nantinya, pihak rumah sakit dapat mengembalikan tabung oksigen yang kosong ke pihak perusahaan untuk di isi ulang secara gratis.

Luhut berharap rencana baik ini dapat direalisasikan untuk mengatasi persoalan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya dalam hal pasokan oksigen bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

"Saya juga mengajak perusahaan lain untuk ikut berkontribusi dalam gotong royong penanganan pandemi Covid-19 ini," pungkasnya.

Baca juga: Kemenaker Ungkap Tiga Tantangan dalam Transformasi Ketenagakerjaan



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.