Kompas.com - 12/08/2021, 17:37 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi. Dok. KemenhubMenhub Budi Karya Sumadi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memfasilitasi pengadaan 4 kapal untuk kebutuhan isolasi pasien Covid-19. Ada 5 wilayah yang mendapatkan fasilitas ini yakni Kota Bitung, Medan, Sorong, Jayapura, dan Kabupaten Minahasa Utara.

Pengadaan ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Penyelenggaraan Kapal Sebagai Tempat Isolasi Terpusat (Isoter) dengan 5 Pemerintah Daerah, yang disaksikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Kamis (12/8/2021).

Budi Karya mengatakan, kapal isolasi terpusat terapung ini dapat menjadi alternatif ruang isolasi bagi para pasien Covid-19 tanpa gejala, sehingga mempercepat kesembuhan dibandingkan dengan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Baca juga: Kemenhub Tengah Bahas Subsidi Gaji untuk Pekerja Angkutan Darat

Selain itu, diharapkan bisa membatasi ruang gerak penyebaran virus karena mobilitas pasien hanya dilakukan di atas kapal.

"Upaya penyediaan kapal isoter ini merupakan bentuk komitmen dukungan kami, sejalan dengan arahan Bapak Presiden yang meminta kementerian dan lembaga untuk bersama-sama membantu mempercepat penanganan Covid-19 di Indonesia,” ujarnya dalam acara penandatanganan, Kamis (12/8/2021).

Ia mengungkapkan, kapal-kapal isolasi tersebut merupakan milik PT Pelni (Persero) yang memang sedang tidak beroperasi karena adanya pembatasan pergerakan di masa pandemi saat ini. Dengan adanya kapal-kapal isolasi, kata dia, diharapkan dapat digunakan seoptimal mungkin bagi masyarakat di daerah yang membutuhkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Semoga masyarakat yang terpapar dan melakukan isolasi di kapal isoter ini bisa tetap enjoy dan cepat sembuh,” ucapnya.

Secara rinci 4 kapal yang disediakan yakni pertama, KM Tatamailau dengan kapasitas 458 tempat tidur yang mencakup 448 unit untuk pasien dan 10 unit untuk tenaga kesehatan (nakes). Kapal ini akan ditempatkan di Pelabuhan Bitung untuk melayani masyarakat Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara.

Kedua, KM Bukit Raya dengan kapasitas 463 tempat tidur yang mencakup 450 unit untuk pasien dan 13 unit untuk nakes. Kapal ini akan ditempatkan di Pelabuhan Belawan untuk melayani masyarakat Kota Medan.

Ketiga, KM Sirimau dengan kapasitas 460 tempat tidur yang mencakup 449 unit untuk pasien dan 11 unit untuk nakes. Nantinya kapal ditempatkan di Pelabuhan Sorong untuk melayani masyarakat Kota Sorong.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.