Kompas.com - 16/08/2021, 06:37 WIB
Direktur BTPN Syairah Fachmy Achmad Tangkapan Layar Zoom BTPN SyariahDirektur BTPN Syairah Fachmy Achmad

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BTPN Syariah Tbk fokus menjaga hubungan dengan nasabah pembiayaan selama masa pandemi Covid-19. Salah satu langkah yang dilakukan ialah dengan terus melakukan penyesuaian teknologi perbankan.

Direktur BTPN Syariah Fachmy Achmad mengatakan, membangun hubungan guna memahami kebutuhan nasabah menjadi penting untuk menjaga optimisme nasabah, khususnya segmen ultra mikro.

Oleh karenanya, untuk memfasilitasi hal tersebut di tengah adanya pembatasan akitivitas selama pandemi, BTPN Syariah memaksimalkan peran mitra perseroan, Mitra Tepat, dilengkapi dengan penyesuaian teknologi perbankan.

Baca juga: Dana Rp 241,8 Juta Raib di Jenius, BTPN: Nasabah Diperdaya oleh Pelaku Penipuan

"Mitra dapat memperkenalkan dan membawa layanan perbankan dalam ekosistem terdekat mereka," katanya dalam diskusi virtual, dikutip Senin (16/8/2021).

Business Development Head BTPN Syariah Ade Fauzan menjelaskan, pada 2016, BTPN telah meluncurkan aplikasi BTPN WOW, yaitu layanan keuangan digital yang dikelola oleh Mitra Tepat.

Untuk mempermudah akses nasabah, pada tahun ini BTPN Syariah memperbaharui aplikasi tersebut dengan menambah sejumlah fitur, salah satunya fitur autentikasi biometrik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini merupakan salah satu bentuk pelajaran yang kita lihat. Karena segmen ultra mikro ini punya tingkat literasi yang berbeda," ujar Ade.

Selain penyesuaian tersebut, kini Mitra Tepat dapat melakukan pemesanan barang-barang kebutuhan sehari-hari yang disediakan oleh partner strategis BTPN Syariah. Ini dilakukan untuk mempermudah akses nasabah, khususnya yang berada di wilayah tingkat dua dan tiga.

"Mereka harus pergi jauh ke kota dulu, jadi layanan ini juga sangat tinggi tingkat akseptasinya karena barang langsung dikirim ke rumah," katanya.

Melalui pengembangan-pengembangan tersebut, BTPN Syariah berharap Mitra Tepat dapat menciptakan sebuah ekosistem keuangan digital dalam ruang lingkup sekitarnya.

Sebagai informasi, pada kuartal II-2021, BTPN Syariah telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 10,05 triliun, tumbuh 15 persen secara tahunan (year on year/yoy), dibanding periode sebelumnya Rp 8,74 triliun.

Baca juga: Semester I-2021, Laba Bersih BTPN Syariah Tumbuh 89 Persen Jadi Rp 770 Miliar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.