Kartu Prakerja Gelombang 18 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Kompas.com - 17/08/2021, 07:45 WIB
pembukaan Prakerja gelombang 18 Instagram @prakerja.go.idpembukaan Prakerja gelombang 18

JAKARTA, KOMPAS.com - Program Kartu Prakerja telah dibuka pada Senin (16/8/2021) malam.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, pembukaan Program Kartu Prakerja ini adalah bagian dari usaha pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak karena adanya pandemi Covid-19.

"Pemerintah sangat memahami kesulitan yang dialami masyarakat akibat pandemi ini dan berharap masyarakat dapat tetap tangguh dan tumbuh dengan memanfaatkan program Kartu Prakerja. Mereka yang berhasil menjadi penerima Kartu Prakerja hendaknya serius mengikuti pelatihan yang dapat mendukung kehidupan ekonomi selama dan pasca pandemi," ujar Denni melalui keterangan tertulis, Senin.

Baca juga: Pendaftaran Gelombang 18 Kartu Prakerja Telah Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Pendaftar program Kartu Prakerja terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas, kecuali Anggota TNI maupun Polri, juga bukan merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai BUMN/BUMD, kepala daerah, serta anggota DPR maupun DPRD.

Selanjutnya, syarat peserta yang mengikuti program Kartu Prakerja juga tidak tercatat di DTKS Kementerian Sosial, dan bukan penerima bantuan subsidi gaji/upah (BSU).

Denni menjelaskan, untuk mendapatkan program Kartu Prakerja ini hanya bisa dilakukan melalui situs resmi www.prakerja.go.id dengan update informasi bisa diikuti di Instagram @prakerja.go.id.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia memaparkan bahwa program Kartu Prakerja telah berjalan selama 16 bulan dan menerima 8,28 juta peserta dalam 17 gelombang pendaftaran.

Terdiri atas 88 persen merupakan peserta pengangguran, 59 persen dari pedesaan, 47 persen perempuan, 2,3 persen purna pekerja migran Indonesia, dan 3,6 persen difabel.

Baca juga: Gelombang 18 Kartu Prakerja Dibuka, Daftar di www.prakerja.go.id

Dengan alokasi anggaran yang tersedia di semester II 2021 senilai Rp 10 triliun, program Kartu Prakerja akan mampu menyasar 2,8 juta penerima yang terbagi dalam beberapa gelombang pendaftaran.

Denni secara khusus menyoroti program Kartu Prakerja yang menghasilkan banyak pencapaian, dibuktikan dari berbagai hasil survei internal maupun survei yang dilakukan lembaga atau organisasi independen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.