Kasus Covid-19 Turun Jelang HUT RI, Luhut: Pemerintah Belum Sepenuhnya Puas

Kompas.com - 17/08/2021, 07:29 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Dok. Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski angka kasus Covid-19 sepanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diklaim mulai turun, tetapi pemerintah tidak merasa puas akan pencapaian tersebut.

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konfrensi pers secara virtual.

Baca juga: Luhut: Selama Covid-19 Masih Jadi Pandemi, PPKM Tetap Diterapkan

Dalam menangani pandemi ini, lanjut Luhut, pemerintah selalu mengedepankan keseimbangan antara aspek kesehatan dan ekonomi.

"Sekali lagi, pemerintah belum sepenuhnya puas dengan capaian tersebut. Untuk itu, pemerintah akan terus bekerja menuntaskan dan keluar dari badai pandemi ini. Pemerintah juga terus berharap agar keterlibatan peran serta dan juga kesadaran masyarakat hari ini berperan penuh dalam terus menjaga protokol kesehatan utamanya dalam melakukan penggunaan masker, agar kita semua dapat segera keluar dari badai pandemi ini," kata Luhut melalui tayangan Youtube Kemenko Marves, Senin (16/8/2021).

Namun demikian, hasil upaya pencegahan Covid-19 ini menurut Luhut jadi kado yang baik menjelang peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia (RI) yang dirayakan pada 17 Agustus.

Upaya pengendalian penyebaran wabah virus corona ini tak lepas dari keterlibatan semua pihak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Serukan Isolasi Terpusat, Luhut: Kelemahan Kita karena Isoman Terlalu Banyak

"Apa yang kita capai dalam hal penanganan Covid-19 ini merupakan hal yang baik dalam menyambut hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 esok hari. Tentunya Hal ini dapat tercapai berkat arahan dari Presiden Republik Indonesia dan kerja sama semua pihak mulai dari para menteri, pimpinan lembaga, TNI, Polri, gubernur, kepala daerah, bupati hingga wali kota, para ahli Epidemolog, akademisi, mahasiswa hingga relawan yang sudah melakukan kerja keras bersama selama ini," ucap Luhut.

"Terakhir, saya mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-76 tahun. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus berjuang keluar dari pandemi Covid-19 ini," beserta harapannya.

Diketahui, pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 4 dan Level 3 Wilayah Jawa-Bali hingga 23 Agustus 2021.

Perpanjangan ini berdasarkan tren kasus konfirmasi positif Covid-19 yang mulai turun hingga 76 persen serta kasus aktif turun 53 persen.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Uji Coba Pembukaan Mal Diperluas dan Kapasitas Tempat Ibadah Bertambah

Pemerintah pun menyatakan, jika angka kesembuhan meningkat, sebaliknya angka kematian mulai dapat ditekan.

Luhut menjelaskan, dalam penerapan perpanjangan PPKM selama seminggu ke depan, terdapat tambahan 8 kabupaten /kota yang masuk ke Level 3, sehingga totalnya mencapai 61 kabupaten/kota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.