Kompas.com - 21/08/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi curriculum vitae (CV). PEXELS/LUKASIlustrasi curriculum vitae (CV).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Curriculum vitae atau yang biasa disebut CV menjadi hal yang sangat penting dalam proses lamaran pekerjaan. Melalui dokumen ini, pihak perekrut dapat menentukan kelayakan calon kandidat memasuki sebuah perusahaan.

Dengan semakin mudahnya proses unggah lamaran kerja ke sebuah perusahaan, perekrut atau HRD kerap kali kebanjiran CV dari pelamar pekerjaan. Oleh karenanya, terdapat sejumlah trik bagi calon pekerja agar dapat lolos proses screening CV.

Profesional Human Resources Samuel Ray mengatakan, dengan semakin banyaknya lamaran kerja yang diterima, maka waktu yang dimilki oleh perusahaan untuk melihat CV masing-masing kandidat semakin minim.

Oleh karenanya, cara pertama yang perlu diperhatikan calon pelamar ialah pastikan CV dibuat secara singkat, padat, dan tidak bertele-tele.

“Karena waktu yang dimiliki recruiter tidak banyak, bisa-bisa kurang dari 10 detik,” kata Samuel dalam gelaran Kompasfest, Sabtu (21/8/2021).

Baca juga: Berbagai Contoh CV yang Menarik HRD dan Cara Pembuatannya

Dengan penulisan CV yang tidak panjang, Samuel menyarankan pelamar untuk langsung menekankan pencapaian dan keahlian yang dimiliki dalam dokumen tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, dalam penulisan CV baiknya dihindari sejumlah poin-poin tidak penting, seperti pendidikan yang tidak relevan, misal TK atau SD calon pelamar, dan juga hobi pelamar.

“Kecuali hobi relevan dengan posisi yang dilamar,” katanya.

Selain itu, calon pelamar juga diminta untuk menghindari penulisan yang bersifat opini, dan lebih mengutamakan poin-poin yang sifatnya fakta.

“Kalau tidak ada pengukurannya, tidak usah dituliskan. Apa yang menjadi opini tidak perlu dituliskan,” ujar Samuel.

Dengan waktu HRD yang sedikit, Samuel mengibaratkan penulisan CV seperti sebuah brosur, di mana pelamar perlu menuliskan poin-poin penting yang dapat menarik minat perekrut.

“Terakhir, pastikan CV mudah dibaca, tidak banyak warna, karena akan mempersulit proses scanning,” ucap Samuel.

Baca juga: Mau Melamar Kerja, Baiknya Pakai CV atau Resume?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.