Kompas.com - 23/08/2021, 11:16 WIB
Ilustrasi ATM, Berikut cara mengambil uang di ATM atau cara ambil uang di ATM (cara menarik uang di ATM). KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi ATM, Berikut cara mengambil uang di ATM atau cara ambil uang di ATM (cara menarik uang di ATM).

KOMPAS.com - Anjungan Tunai Mandiri atau ATM adalah salah satu fasilitas yang diberikan perbankan untuk para nasabah yang menyimpan uang di tempatnya. Bagi yang baru pertama kali menabung di bank, cara mengambil uang di ATM bisa jadi masih kebingungan.

Meski terlihat sepele, bagi sebagian orang masih kesulitan memahami cara menarik uang di ATM. Sehingga, banyak dari mereka yang lebih memilih meminta tolong orang lain seperti kerabat untuk mencairkan dananya dari ATM terdekat.

Setiap bank memang memiliki tahapan yang berbeda-beda dalam pengambilan uang di ATM. Namun secara umum, tak banyak perbedaan cara ambil uang di ATM masing-masing bank.

Nah berikut ini prosedur cara mengambil uang di ATM yang bisa jadi patokan:

Baca juga: Simak, Ini Rincian Biaya Admin Tabungan Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN

  • Masukan kartu debit ke mesin ATM. Lubang kartu terletak di sebelah kanan layar ATM. Setiap kartu ATM memiliki penunjuk pada bagian ujungnya. Pastikan masukan kartu ATM dengan ujung yang pas dan jangan terbalik. Saat ini banyak mesin ATM yang di bawah lubang tempat memasukan kartu sebagai contohnya.
  • Setelah kartu masuk, masukan nomor pin ATM. Ingat, jangan melakukan kesalahan saat memasukan nomor PIN. Kesalah memasukan pin sebanyak 3 kali otomatis kartu akan terblokir.
  • Pilih bahasa yang akan digunakan, terdapat dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • Pilih menu tarik tunai
  • Silakan pilih nominal yang tersedia di layar. Anda juga bisa menarik tunai dengan memasukan nominal sesuai jumlah uang yang ditarik. Kemudian pilih rekening tabungan apabila ada pilihan tersebut
  • Pilih cetak struk jika Anda ingin mencetaknya
  • Jika sudah, pilih selesai
  • Pada layar mesin ATM akan keluar “Apakah anda ingin melakukan transaksi lain?” pilih "Tidak" jika tidak ingin melanjutkan transaksi.
  • Ambil kartu dari mesin ATM
  • Ambil yang dari mesin ATM
  • Transaksi selesai

Itulah prosedur cara mengambil yang di ATM atau cara menarik uang di ATM di berbagai bank.

Baca juga: Lengkap Rincian Biaya Admin Mandiri, Bunga, dan Saldo Minimal Tabungan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.