Menko Airlangga: Kepuasan Masyarakat Tinggi terhadap Program Kartu Prakerja

Kompas.com - 27/08/2021, 21:23 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan peresmian vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis Dok YouTube PP POGIMenteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan peresmian vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto menilai Program Kartu Prakerja telah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal itu dinilai membuat animo dan kepuasan masyarakat terhadap program tersebut menjadi tinggi.

“Tingginya animo masyarakat yang diikuti kepuasan masyarakat terhadap Program Kartu Prakerja bahkan setelah dilaksanakan sebanyak 19 gelombang," ujarnya saat kunjungan kerja di Palu, Sulawesi Tengah, seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Jakarta, Jumat (27/8/2021).

Dalam kunjunganya tersebut, Airlangga melakukan dialog dengan perwakilan alumni Program Kartu Prakerja yang berasal dari berbagai kalangan di Palu. Airlangga pun mendengarkan berbagai cerita dari para alumni Program Kartu Prakerja.

Baca juga: Jangan Sampai Di-blacklist, Segera Beli Pelatihan Buat Kartu Prakerja Gelombang 18

“Program Kartu Prakerja telah memperlihatkan keberhasilan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi,” kata Airlangga.

Dalam siaran persnya,  Kemenko Perekonomian menyebutkan, berdasarkan hasil riset yang melibatkan 2.000 responden, 98,7 persen penerima Kartu Prakerja merasa mendapat manfaat dari pelatihan program tersebut.

Selain itu, kata Kemenko Perekonomian, 92,6 persen penerima Program Kartu Prakerja mengatakan pelatihan di program ini dapat diaplikasikan di tempat kerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah juga mengklaim Program Kartu Prakerja mampu mendorong perluasan literasi digital masyarakat dan ikut serta mengakselerasi inklusi keuangan. Hal itu karena sebanyak 27 persen peserta yang sebelumnya tidak memiliki rekening bank atau e-wallet, kini sudah memiliki rekening.

Baca juga: Masih Dibuka, Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang 19 di www.prakerja.go.id

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.