Hindari Mencari Kerja dengan Cara Ini Kalau Ingin Berhasil

Kompas.com - 28/08/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Mencari pekerjaan bukan hal yang mudah. Terlebih sekarang ini, di mana banyak perusahaan terkena dampak pandemi Covid-19.

Sebaiknya fokus dan totalitas saat mencari kerja. Jangan setengah-setengah, karena hasilnya pun tidak akan maksimal.

Begitu ada lowongan kerja buka, apalagi yang sesuai minat atau passion, langsung bergerak cepat. Gunakan waktu dan tenagamu untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Hindari mencari kerja dengan cara seperti ini kalau tidak ingin berakhir kecewa, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Mengandalkan satu sumber

Ada banyak situs lowongan kerja terpercaya yang dapat kamu andalkan saat ini untuk mencari kerja. Namun sebaiknya jangan hanya berpatokan pada website lowongan kerja saja.

Cari sumber lain untuk menemukan lowongan kerja, seperti situs maupun media sosial Kementerian/Lembaga, seperti Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian BUMN, dan lainnya.

Atau bisa juga dengan mengunjungi langsung laman resmi perusahaan. Contohnya ingin bekerja di perusahaan teknologi keuangan (fintech), coba buka satu per satu situs resmi perusahaan-perusahaan fintech dan cari kerja di menu karier.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini sangat penting dilakukanmu, karena belum tentu perusahaan beriklan di situs lowongan kerja ketika sedang membuka rekrutmen. Jadi pastikan kamu mencari kerja dari berbagai sumber.

2. Sambil buka situs belanja online

Mencari kerja selama berjam-jam memang membosankan, apalagi kalau tidak kunjung menemukan yang pas di hati. Walhasil, upaya mencari kerja sembari buka situs belanja online.

Biar semangat alibinya. Padahal memang lagi mengincar suatu barang. Bukannya menambah penghasilan, justru menambah pengeluaran akibat godaan keinginan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.