IHSG Sepekan Turun 0,52 Persen, Kapitalisasi Pasar Jadi Rp 7.369 triliun

Kompas.com - 11/09/2021, 16:16 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan atau periode 6-10 September 2021 turun tipis 0,52 persen. Seiring pula dengan penurunan kapitalisasi pasar sebesar 0,07 persen.

Mengutip keterangan resmi BEI, Sabtu (11/9/2021), tercatat IHSG pada pekan ini di tutup pada level 6.094,8 atau turun dibandingkan dengan penutupan pekan sebelumnya yang berada di level 6.126,9.

Sementara kapitalisasi pasar bursa yang menunjukkan total nilai saham emiten BEI tercatat mencapai Rp 7.369,5 triliun, menyusut dari penutupan pekan lalu yang sebesar Rp 7.374,5 triliun.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Ditutup Menguat di Akhir Pekan

Kendati demikian, penurunan itu tidak diikuti oleh rata-rata nilai transaksi harian bursa yang menunjukkan peningkatan tipis 0,82 persen menjadi Rp 11,09 triliun dari pekan lalu yang sebesar Rp 11 triliun.

Peningkatan turut terjadi pada rata-rata frekuensi transaksi harian bursa sebesar 3,86 persen menjadi 1.377.779 kali transaksi dari penutupan pekan lalu yang sebanyak 1.326.596 kali transaksi.

Begitu pula dengan rata-rata volume transaksi harian bursa yang meningkat 6,75 persen menjadi 21,24 miliar saham dari 19,89 miliar saham pada pekan sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun investor asing pada penutupan pekan ini mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp 257,2 miliar. Sedangkan sepanjang tahun berjalan 2021 investor asing mencatatkan beli bersih sebesar Rp 22,4 triliun.

Pada pekan ini bursa kedatangan 8 perusahaan baru yang melakukan pencatatan saham perdana baik di papan pengembangan, papan akselerasi, maupun papan utama BEI.

Baca juga: Petinggi Bukalapak Terus Lakukan Pembelian Saham BUKA meskipun Harganya Turun

Terdiri dari PT Geoprima Solusi Tbk (GPSO) yang bergerak pada sektor industrial dan PT Indo Oil Perkasa Tbk (OILS) yang bergerak pada sektor consumer non-cyclicals. Saham keduanya tercatat di papan pengembangan BEI.

Kemudian, ada PT Prima Andalan Mandiri Tbk (MCOL) yang bergerak di bidang energi melakukan pencatatan saham di papan utama BEI. Lalu PT Global Sukses Solusi Tbk (RUNS),perusahaan di sektor teknologi yang tercatat di papan akselerasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.