Minta Alipay Keluar dari Ant Group, China Bakal Bikin Ekosistem Pinjol

Kompas.com - 13/09/2021, 11:12 WIB
Ilustrasi Alipay. SHUTTERSTOCK/TY LimIlustrasi Alipay.

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China berencana mengeluarkan Alipay dari ekosistem Ant Group milik taipan China, Jack Ma. Alipay nantinya masuk dalam ekosistem baru yang sebagian besar dimiliki oleh negara.

Mengutip Channel News Asia, Senin (13/9/2021), keputusan itu mengharuskan Alipay menyerahkan data pengguna yang sudah tersimpan, untuk mendukung keputusan pemerintah.

Pihak yang mengetahui rencana tersebut mengatakan, para mitra berencana mendirikan perusahaan penilaian kredit pribadi, dengan Ant dan Zhejiang Tourism Investment Group Co Ltd masing-masing akan memiliki 35 persen saham.

Baca juga: Mengapa Pinjol Ilegal Marak? Ini Sebabnya Menurut Menkop Teten

Sementara mitra yang didukung negara lainnya, Hangzhou Finance and Investment Group dan Zhejiang Electronic Port, masing-masing akan memegang porsi lebih sedikit atau sekitar 5 persen.

Adapun perusahaan-perusahaan yang didukung negara akan mengambil saham yang cukup besar lewat usaha patungan tersebut.

Menurut laporan Financial Times, Ant Group bukan satu-satunya pemberi pinjaman online (pinjol) China yang bakal terpengaruh dengan aturan baru itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, pemerintah China melalui regulator keuangan meminta Ant melakukan perombakan bisnis secara menyeluruh, termasuk mengubah Ant menjadi perusahaan induk keuangan.

Pemerintah juga meminta Ant menggabungkan dua bisnis pinjaman mikro, Jiebei dan Huabei, menjadi perusahaan pembiayaan konsumen baru.

Regulator China telah melangsungkan tindakan keras soal data pengguna, antimonopoli dan privasi, serta penjualan mata uang kripto lewat platform online alias pinjol-pinjol di negaranya, termasuk Ant Group.

Baca juga: Satgas Waspada Investasi: Sebenarnya Tujuan Pinjol Sangat Mulia, tetapi...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.