Pertamina Targetkan 5.000 SPBU Gunakan Panel Surya untuk Hemat Listrik

Kompas.com - 14/09/2021, 17:15 WIB
Ilustrasi panel surya atap. PIXABAY/ELISEO CABRERAIlustrasi panel surya atap.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) berupaya menambah jumlah SPBU yang menggunakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap atau panel surya.

Selain mendukung transformasi energi, hal ini dilakukan untuk memberikan penghematan pada operasional SPBU.

Pemasangan panel surya tersebut akan dilakukan oleh Pertamina NRE sebagai subholding Pertamina.

"Pertamina mendukung upaya pencapaian net zero emission," kata Chief Executive Officer Pertamina NRE, Dannif Danusaputro, dalam keterangannya, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Berapa Biaya Pasang Panel Surya buat Rumah Tipe 36?

Dannif mengatakan, Pertamina menargketkan pemasangan panel surya di 5.000 SPBU. Target tersebut berpotensi menghemat anggaran operasional dari biaya listrik hingga Rp 4 miliar per tahun.

Ia menjelaskan, potensi penghematan tersebut merupakan asumsi apabila 5.000 SPBU memasang PLTS dengan kapasitas 5 kWp. Adapun setiap pemilik SPBU berpotensi mendapatakan penghematan hingga Rp 1 juta per bulan atau Rp 12 juta per tahun dari pemasangan panel surya dengan kapasitas tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pemasangan PLTS di 5.000 SPBU diperkirakan berpotensi menurunkan emisi sebesar 34.000 ton karbon dioksida per tahun," ujarnya.

Penghematan yang diterima dari pemilik SPBU berasal dari pengurangan tagihan listrik PT PLN (Persero), dengan sistem on grid yang dioperasikan.

"Dengan semakin berkembangnya teknologi serta meningkatnya skala ekonomi, diproyeksikan biaya pemasangan PLTS akan menjadi kompetitif dibandingkan dengan pembangkit listrik berbasis bahan bakar fosil," tutur Dannif.

Selain itu, Dannif mendorong pemilik SPBU untuk menggunakan panel surya, sebab operasional dan perawatan pembangkit ini relatif mudah. Dengan demikian, tidak banyak biaya perawatan yang perlu dikeluarkan ke depannya.

Baca juga: Perlu Waktu 7 Tahun untuk Balik Modal, Bagaimana Cara Merawat Panel Surya?

"Aspek HSSE menjadi prioritas utama dalam bisnis Pertamina sehingga proses konstruksi PLTS dipastikan aman," ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.