Shopee: Batik hingga Fesyen Muslim Diupayakan Tidak Dijual Penjual Asing

Kompas.com - 16/09/2021, 06:43 WIB
Ilustrasi belanja online. ShutterstockIlustrasi belanja online.

JAKARTA, KOMPAS.com - Executive Director Shopee Indonesia Christin Djuarto melakukan klarifikasi ke Komisi VI DPR RI terkait dengan tudingan bahwa e-commerce tersebut memfasilitasi produk impor dengan harga yang sangat murah.

Terkait dengan hal ini, dia tidak menampik adanya penjualan cross border penjual asing di platformnya. Namun, dia mengeklaim persentasenya hanya sedikit.

"Awal tahun ini memang ada isu-isu kalau misalnya Shopee pilih produk asing, dan saya melihat memang sebenarnya penjualan untuk cross border penjual asing sih enggak banyak, di Shopee itu kecil persentasenya," ujar Christin dalam RDP bersama Komisi VI DPR RI yang disiarkan secara virtual, Rabu (15/9/2021).

Baca juga: Disomasi Karena Memfasilitasi Restoran Jual Daging Anjing, Ini Kata Shopee

Menurut Christin persentase penjualan cross border jika dibandingkan pada awal tahun, hingga saat ini sudah semakin mengecil. "Awal tahun itu 3 persen dan sekarang lebih kecil lagi," kata Christin.

Christin menjelaskan hal ini memang memunculkan kekhawatiran, baik dari masyarakat dan pemerintah.

Oleh sebab itu, saat ini, Shopee sudah proaktif untuk membatasi produk unggulan Indonesia untuk tidak dimasukkan penjual asing ke platform Shopee.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun beberapa produk yang dilarang untuk dijual pedagang asing ke platform Shopee di antaranya adalah batik, kebaya, hijab atau fesyen muslim, serta kerajinan rumah tangga.

Baca juga: Luhut Ketemu Bos Shopee, Bahas Apa?

"Memang penjualannya enggak banyak, tapi produk ini kita fokuskan biar UMKM yang menjualnya bukan penjual yang asing," ungkap Christin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.