Kompas.com - 20/09/2021, 06:07 WIB
Ilustrasi saham PEXELS/BURAK KIlustrasi saham

JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun 2021 ini tampaknya saham di sektor teknologi menjadi pusat perhatian di pasar saham. Keberadaan saham di sektor teknologi sebenarnya sudah ada sebelumnya, tetapi baru-baru ini kembali ramai karena Bukalapak melakukan initial public offering atau IPO.

Sektor ini cukup menjanjikan karena perusahaan berbasis teknologi terus berkembang, ditambah keadaan pandemi memaksa kita harus menggunakan layanan berbasis teknologi.

Perencana keuangan Finansialku.com, Gembong Suwito, CFP®, dan QWP mengatakan, secara valuasi, sektor teknologi memang mahal, tetapi secara pergerakan menarik. "Karena tematiknya lagi digandrungi oleh pasar ya teknologi,” sebut dia.

Jika berkaca pada pasar saham Amerika, Wall Street, bisa dilihat bahwa saat ini sektor teknologi cukup mendominasi. Beberapa saham yang dimaksud adalah milik Microsoft, Amazon, dan Apple.

Baca juga: Blibli Siap Susul Bukalapak IPO, Bagaimana Prospek Saham Teknologi?

Di Indonesia sendiri, lanjut Gembong, saham di sektor ini masih terbilang baru. Jadi jika kita ingin berinvestasi di sektor teknologi harus memiliki rencana yang jelas karena naik dan turunnya cukup cepat.

Berkaitan dengan prospek, selama fondasi bisnisnya bagus, tentu kita dapat berinvestasi maupun melakukan trading. Tren yang baik ini mungkin saja mendorong lebih banyak startup yang melakukan penawaran saham perdana atau yang dikenal sebagai IPO.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Karena startup ada batasnya, bakar duit ada batasnya. Mereka pasti mencari jalan, yaitu dengan IPO di bursa efek. Karena bursa efek adalah pasar modal, tempat mencari modal. Jadi dia share kepemilikannya, tapi dia dapat modal yang besar,” ujar Gembong.

Satu hal yang perlu kita ingat juga bahwa dalam berinvestasi pasti ada risiko. Oleh karena itu, penting bagi kita menyiapkan perencanaan keuangan dan analisis risiko yang tepat. Hal ini dilakukan agar mencegah terjadinya kerugian yang berdampak besar bagi keuangan kita. (Regine Deanaendra)

Artikel ini merupakan kerja sama dengan Finansialku.com. Isi artikel di luar tanggung jawab Kompas.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.