Telkom Pastikan Seluruh Layanan Telkomsel dan IndiHome Sudah Kembali Normal

Kompas.com - 24/09/2021, 15:21 WIB
Ilustrasi logo Telkomsel Reska K. Nistanto/KOMPAS.comIlustrasi logo Telkomsel

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkom Group memastikan seluruh layanannya baik fixed broadband termasuk IndiHome maupun mobile broadband milik Telkomsel, sudah kembali normal dan dapat diakses pelanggan seluruh Indonesia.

Sebelumnya, layanan IndiHome maupun Telkomsel mengalami penurunan kualitas akibat gangguan sistem komunikasi kabel laut JaSuKa ruas Batam-Pontianak pada Minggu (19/9/2021) lalu.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan, hingga Jumat (24/9/2021), kapasitas bandwidth telah mencapai target pemulihan 100 persen layanan, seiring dengan bertambahnya kapasitas sebesar 1 Tbps pada Kamis (23/9/2021).

"Hal ini tidak lepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan melalui pengaktifan jalur back-up dan alternatif, khususnya untuk jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Maka, layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband sudah 100 persen kembali normal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (24/9/2021).

Baca juga: Satgas BLBI Minta Suyanto Gondokusumo Hadir, Boleh Pakai Zoom

Selain itu, Telkom tengah melakukan penyiapan tim, cableship, dan segala kebutuhannya untuk mempercepat proses penyambungan kabel laut JaSuKa yang menjadi sumber gangguan.

Ia bilang, kabel laut JaSuKa yang menjadi sumber gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Perbaikan kabel laut tersebut akan selesai pada minggu kedua Oktober 2021, bahkan bisa lebih cepat," imbuh dia.

Pada saat yang sama, kata Pujo, Telkom juga berhasil melakukan upaya rerouting dan back-up link, sehingga perbaikan layanan TelkomGroup termasuk IndiHome dapat kembali normal seperti sediakala.

Dengan demikian, pelanggan bisa menikmati kembali layanan TelkomGrup tanpa perlu menunggu selesainya penyambungan kabel laut tersebut.

"Berbagai upaya ini dilakukan guna memastikan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan beragam layanan TelkomGroup. Semoga pelanggan dapat kembali beraktivitas secara digital dengan nyaman," ungkap Pujo.

Baca juga: Internet Telkomsel dan Indihome Gangguan, Pelaksanaan SKD CPNS Kena Imbas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.