Harga Bitcoin Anjlok Gara-gara Larangan Bitcoin di China

Kompas.com - 24/09/2021, 18:43 WIB
Ilustrasi aneka uang kripto (cryptocurrency). SHUTTERSTOCK/CHINNAPONGIlustrasi aneka uang kripto (cryptocurrency).
Penulis Mutia Fauzia
|


BEIJING, KOMPAS.com - Transaksi aset kripto ilegal di China kembali ditegaskan oleh otoritas setempat.

Dilansir dari Bloomberg, Jumat (24/9/2021), bank sentral China, People Bank of China (PBoC) mengatakan, setiap transaksi yang berkaitan dengan mata uang kripto adalah ilegal dan harus dilarang di Negeri Panda tersebut.

Hal itu merupakan penegasan dari otoritas setempat untuk melarang setiap operasional industri mata uang kripto di China.

PBoC menyebut, semua mata uang kripto, termasuk di dalamnya bitcoin dan tether bukanlah uang fiat dan dilarang untuk disirkulasikan di pasar.

Semua transaksi terkait dengan mata uang kripto, termasuk di dalamnya jasa yang disediakan oleh bursa luar negeri untuk pasar dalam negeri termasuk dalam kategori aktivitas keuangan ilegal.

Penegasan mata uang kripto dilarang di China itu membuat harga bitcoin anjlok hingga 5,5 persen pada perdagangan Jumat ini.

Baca juga: Tren Penurunan Harga Bitcoin Dinilai Masih dalam Batas Wajar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, harga bitcoin hari ini anjlok 5,86 persen menjadi sekitar 41.106,98 dollar AS per keping atau sekitar Rp 583,70 juta.

Bila dibandingkan dengan harga sepekan yang lalu, harga bitcoin anjlok 13,15 persen.

Sementara itu, harga ethereum anjlok lebih dalam, yakni sebesar 9,15 persen dalam sehari menjadi 2.786,89 dollar AS atau sekitar Rp 39,56 juta.

Di sisi lain, pasar global juga sedang khawatir mengenai krisis utang yang melibatkan pengembang properti raksasa China, Evergrande Group.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.