Mendag Targetkan Transaksi Dagang TEI 2021 Capai 1,5 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 27/09/2021, 12:41 WIB
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat menghadiri St. Petersburg International Economic Forum (SPIEF) di Rusia. Dok. Kementerian PerdaganganMenteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat menghadiri St. Petersburg International Economic Forum (SPIEF) di Rusia.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menargetkan transaksi dagang 1,5 miliar dollar AS dalam pameran dagang terbesar se-Asia Tenggara, Trade Expo Indonesia (TEI) 2021 ke-36 yang dilaksanakan pada 21 Oktober-4 November 2021.

"Kami optimistis TEI ke-36 tahun 2021 dapat mencapai target transaksi dagang lebih besar hingga 1,5 miliar dollar AS. Kalau tahun lalu ada 700 eksibitor, tahun ini semoga bisa mencapai 1.000 eksibitor, mudah-mudahan ini akan terus bertambah," ujar Mendag dalam konferensi pers secara virtual, Senin (27/9/2021).

Dia menjelaskan, rangkaian TEI tahun ini akan menghadirkan trade forum expedition, business matching, business forum, hingga bisnis konseling.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Kompak Melemah pada Penutupan Sesi I Perdagangan

Menurut Mendag pelaksanaan TEI ke-36 tahun 2021 akan berbeda dibandingkan tahun 2020. Ia mengatakan TEI ke-36 akan memberikan kemudahan dan kenyamanan melalui platform interaktif baru dalam format e-katalog. Hal ini seperti pameran dagang besar internasional di Jerman dan negara maju lainnya.

"Sehingga kegiatan interaksi antara seller dan buyer berjalan lebih efisien dan lebih efektif," ungkap Mendag.

Selain itu, dalam pelaksanaan TEI ke-36 akan terdapat beberapa agenda penting yang akan diselenggarakan, diantaranya akan ada forum khusus terkait industri halal yaitu halal trade forum yang berkolaborasi Indonesian fashion Chamber.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Berkolaborasi dengan Indonesian fashion Chamber juga karena menyelenggarakan Muslim Fashion Festival dengan rangkaian kegiatan Muslim Fashion Show dan juga Talk Show. Hal ini kami dilakukan dengan upaya nyata untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri produk halal dunia, serta menjadi kiblat industri fesyen muslim dunia,” ucap Mendag.

Baca juga: HUT Ke-3, MyValue Tebar Diskon hingga Hadiah Langsung

Dalam rangkaian TEI ke-36 ini, Kemendag juga akan mengundang Menteri Perdagangan Singapura, Menteri Perdagangan Filipina, Direktur Jenderal WTO, dan juga perwakilan World Bank.

Mendag Lutfi berharap penyelenggaraan Trade Expo Indonesia selalu menjadi agenda rutin dan utama bagi seluruh buyer di mancanegara untuk mencari produk Indonesia dan partner dagang yang tepat.

“Kami juga berharap trade Expo Indonesia menjadi salah satu pameran B to B terbesar di wilayah Asia yang selalu dinantikan. Semoga penyelenggaraan Indonesia ke-36 Digital Edition tahun 2021 mampu berkontribusi secara langsung terhadap peningkatan ekspor Indonesia bagi baik dalam jangka pendek maupun dengan jangka panjang,” kata Lutfi.

Baca juga: Ini 6 Pasar Tradisional yang Akan Uji Coba Aplikasi PeduliLindungi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.