Puji Bangunan Megah Mimika Sport Complex, Luhut: Lelah Saya Terbayar Lunas

Kompas.com - 06/10/2021, 14:44 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat berkunjung ke Bali, Jumat (10/9/2021). Humas Pemprov BaliMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat berkunjung ke Bali, Jumat (10/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memuji kemegahan fasilitas olahraga bangunan Mimika Sport Complex, di Papua.

Ia mengatakan, setiap kali berkunjung ke negara maju, ia memperhatikan ada kesamaan yaitu pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh penjuru negeri.

Artinya, infrastruktur menjadi kunci untuk menjadikan suatu negara menjadi negara maju. Hal tersebut ia ungkapkan melalui akun Instagram resminya, saat berkunjung ke sana.

Baca juga: Luhut Bertemu Bos Freeport untuk Minta Sponsor Pusat Pelatihan Atletik

"Karena itulah saya merasa sangat senang dan bangga serta bahagia karena bisa hadir hari ini untuk secara langsung menyaksikan salah satu bangunan infastruktur olahraga yang dibangun khusus untuk penyelenggaraan PON XX di Papua, yaitu Mimika Sport Complex," kata Luhut dalam keterangannya, Rabu (6/10/2021).

"Segala lelah yang dirasakan karena jauhnya jarak tempuh dari Jakarta menuju Papua hari ini terbayar lunas seketika saya melihat bangunan megah di bumi Papua, yang semata-mata didekasikan untuk pengembangan dan memajukan cabang-cabang olahraga khususnya di tanah Papua," imbuh dia.

Menurut Luhut, infastruktur dan fasilitas olahraga yang memadai adalah salah satu faktor yang menentukan majunya prestasi olahraga satu negara, di samping pembinaan kualitas sumber daya manusianya (SDM).

Selain itu, Ketua PB PASI ini juga merasakan atmosfer perhelatan PON XX di Papua, sebab pelaksanaan pekan olah raga 5 tahunan ini digelar masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Baca juga: Nama Luhut Terseret Pandora Papers, Ini Penjelasan Jubir Menko Marves

"Gelaran PON ke-XX kali ini terasa sangat spesial bagi seluruh pecinta olahraga di tanah air, mengingat sudah lima tahun lamanya kita dapat kembali merayakan dan menggelorakan semangat juga dukungan bagi para atlet setelah perjuangan melawan pandemi yang cukup berkepanjangan," kata dia.

Terlebih bagi cabang olah raga atletik yang ia tangani dalam ajang olahraga tingkat nasional ini adalah momentum untuk menggalakkan dan mempublikasikan talenta-talenta unggul bangsa.

"Seperti yang selalu Presiden Joko Widodo sampaikan bahwa kompetisi olahraga harus dimulai dari kampung-kampung, kemudian naik ke desa hingga seluruh provinsi-provinsi yang ada di negara kita. Semuanya harus bergerak sehingga banyak bibit olahragawan nasional akan kita dapatkan kedepannya yang mampu mengharumkan nama Indonesia di hadapan dunia," ucap Luhut.

Luhut juga memberikan semangat kepada seluruh atlet PON yang tengah berkompetisi di Papua agar dapat membanggakan tanah kelahirannya.

Baca juga: Deklarasi Luhut for President, Jubir: Tidak Pernah Terpikir Nyapres

"Mari jadikan keindahan Bumi Papua sebagai pelecut semangat saudara-saudara demi mempersembahkan yang terbaik bagi tanah kelahiran dan tanah air kita tercinta, Indonesia," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.