Kompas.com - 12/10/2021, 12:53 WIB
Ilustrasi UMKM. SHUTTERSTOCKIlustrasi UMKM.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Co-Founder & Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca mengatakan, salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dalam menggenjot pertumbuhan bisnisnya di tengah pandemi adalah adanya perubahan perilaku masyarakat.

Dia bilang saat ini terjadi perubahan perilaku sangat signifikan yang membuat masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengakses internet.

"Setelah adanya pandemi, banyak orang yang menghabiskan waktunya di internet bahkan durasinya di internet juga lebih dari 2-3 jam. Artinya apa? Ketika semua orang beraktivitas di internet, UMKM kita didorong juga untuk beraktivitas (berjualan) di sana," ujar Wilson dalam diskusi Webinar Gambir Trade Talk 2021 #3, Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Banyak Perusahaan Antre Rights Issue, Ini Penyebabnya

Adapun aktivitas masyarakat mengakses internet bermacam-macam. Wilson menyebut, berdasarkan data yang ia miliki, ada sebanyak 47 persen pengguna layanan digital baru di Asia Tenggara yang berbelanja kebutuhan grocery melalui internet, dan 37 persen untuk food delivery.

Oleh sebab itu kata Wilson, salah satu cara yang bisa dilakukan UMKM untuk menggenjot pertumbuhan bisnisnya adalah dengan melakukan storytelling packaging untuk produknya.

"Buat packaging itu lebih autentik, lebih unik dan berbeda dari produk lain. Kenapa begitu? Karena saingan banyak, tapi kalau packaging kita unik ada storytelling-nya bisa menarik lebih banyak perhatian lagi kan," ungkap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wilson menilai, UMKM harus didorong lantaran salah satu sektor tulang punggung dari perekonomian nasional.

"Kalau kita bisa masuk dan melakukan cara ini, Covid-19 yang menjadi game changer di seluruh dunia, akan menjadi oppourtunity untuk UMKM kita yang mengglobal," sambung dia.

Baca juga: UMKM Perempuan Sulit Akses Kredit, Apa Sebabnya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.