Kompas.com - 17/10/2021, 13:53 WIB
Contoh kegiatan produksi atau contoh kegiatan ekonomi produksi assemblymag.comContoh kegiatan produksi atau contoh kegiatan ekonomi produksi

KOMPAS.com - Kegiatan produksi adalah aktivitas menciptakan atau menambah nilai dari suatu barang. Ada banyak contoh kegiatan produksi atau contoh kegiatan ekonomi produksi

Pihak yang melakukan proses kegiatan produksi disebut dengan produsen. Aktivitas produksi bisa dilakukan dengan mengolah barang mentah ataupun setengah jadi.

Ciri-ciri kegiatan produksi antara lain adanya proses pembuatan, menghasilkan barang atau jasa, dan bisa meningkatkan nilai guna barang atau jasa.

Tujuan kegiatan produksi adalah memenuhi kebutuhan manusia. Ketika jumlah persediaan barang dan jasa mencukupi, manusia mampu mencapai kemakmuran. Itulah mengapa kegiatan produksi mengambil peranan penting dalam kehidupan manusia.

Baca juga: Beragam Contoh Kegiatan Distribusi dalam Ekonomi

Dengan kata lain, produksi berperan menambah atau menciptakan nilai guna barang. Ketika penambahan daya guna benda dilakukan tanpa pengubahan bentuk, maka disebut produksi jasa. 

Tujuan produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia. Ketika jumlah persediaan barang dan jasa mencukupi, manusia mampu mencapai kemakmuran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah barang atau jasa diproduksi, maka tahapan selanjutnya adalah kegiatan distribusi agar produk tersebut sampai ke tangan konsumen.

Contoh kegiatan produksi

Ada banyak contoh kegiatan produksi. Contoh kegiatan produksi adalah antara lain aktivitas produksi di pabrik, nelayan menangkap ikan dan hingga petani yang tengah menanam padi.

Baca juga: Break Event Point (BEP): Definisi, Rumus, dan Cara Menghitungnya

Contoh kegiatan produksi dalam bidang jasa adalah dokter yang membuka praktik, pangkas rambut, jasa servis kendaraan, rumah sakit, dan sebagainya.

Berikut ini contoh kegiatan produksi atau contoh kegiatan ekonomi produksi berdasarkan kategorinya:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.