Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Tulisan Tangan Steve Jobs Dilelang Rp 4,23 Miliar, Minat?

Kompas.com - 24/10/2021, 12:26 WIB
Mutia Fauzia

Penulis

Sumber CNBC


LONDON, KOMPAS.com - Pendiri Apple, Steve Jobs, hingga kini masih memiliki banyak penggemar, meski ia telah meninggal dunia sejak 2011 lalu.

Hal itu disebabkan, selama hidupnya, ia dikenal sebagai sosok uang inovatif dan "out of the box".

Bahkan, barang-barang yang memiliki nilai kedekatan dengan dirinya pun kerap berhasil dilelang dengan nilai yang fantastis. Tak sedikit orang yang rela merogoh kantong hingga ratusan juta rupiah demi mengoleksi peninggalan pribadi Steve Jobs.

Beberapa di antaranya yakni surat lamaran kerja, kartu nama pertama, lembaran cek ke mantan kekasih Tina Redse, hingga tulisan tangan Steve Jobs yang berisi spesifikasi komputer perdana Apple-1.

Baca juga: Cerita Bill Gates soal Rasa Irinya terhadap Steve Jobs...

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bonhams (@bonhams1793)

Teranyar, sebuah lembaga lelang yang berbasis berpusat di London, Inggris, Bonhams, berencana melelang surat tulisan tangan Steve Jobs yang ditujukan kepada teman kecilnya, Tim Brown. Tulisan tangan tersebut ia buat pada usia 18 tahun.

Dilansir dari CNBC, Minggu (24/10/20201), lembaga lelang tersebut berencana untuk melelang surat tulisan tangan Steve Jobs pada 2 November mendatang di kisaran harga 200.000 dollar AS hingga 300.000 dollar AS atau sekitar Rp 4,23 miliar.

Isi surat tulisan tangan Steve Jobs tersebut yakni pemikirannya mengenai salah satu aliran Buddha Mahayana, Zhen, serta rencananya untuk pergi ke India menyabangi festival Kumbh Mela.

Baca juga: Komnas Perempuan Buka Lowongan Kerja buat S1 Hukum, Simak Posisi dan Syaratnya

Surat tersebut ia tulis pada 23 Februari 1974, sehari sebelum ulang tahun ke-19 Steve Jobs, serta lebih dari dua tahun sebelum Steve Jobs dan Steve Wozniak mendirikan Apple.

Untuk diketahui, Brown dan Steve Jobs, keduanya menghabiskan masa SMA di Homestread High School di Cupertino, California, yang juga merupakan kantor pusat Apple saat ini.

Pada profil LinkedIn Tim Brown diceritakan, ia dan Steve Jobs masih saling menghubungi hingga masa-masa terakhir Jobs pada tahun 2011.

Di surat Steve Jobs kepada Tim Brown semasa muda tersebut, Jobs menceritakan, ia sedang menabung untuk perjalanannya ke India.

Hingga akhirnya di tahun yang sama, Steve Jobs pun menghabiskan selama tujuh bulan di India untuk mencari pencerahan spiritual. Sebelum akhirnya, ia kembali ke Silicon Valley dengan mencukur habis rambutnya layaknya biksu Buddha.

Baca juga: Naik Pesawat Wajib Tes PCR, Ini Wilayah yang Masih Boleh Pakai Antigen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com