Mulai Bayar Cicilan Utang Rp 1 Triliun, Saham Evergrande Naik

Kompas.com - 24/10/2021, 17:13 WIB
Seorang warga berjalan di depan properti milik Evergrande di Guangzhou, China. Foto diambil 17 September 2021.
AFP/NOEL CELISSeorang warga berjalan di depan properti milik Evergrande di Guangzhou, China. Foto diambil 17 September 2021.

BEIJING, KOMPAS.com - Raksasa properti China yang tengah mengalami kasus gagal bayar (default), Evergrande, sedikit demi sedikit mulai membayar utangnya yang jatuh tempo pada tanggal 23 September 2021 lalu.

Pembayaran dilakukan di hari-hari terakhir masa tenggang 30 hari sejak jatuh tempo. Diketahui, Evergrande membayar bunga utang obligasi berdenominasi dollar AS sebesar 83,5 juta dollar AS atau Rp 1,16 triliun (kurs Rp 14.000).

Mengutip CNBC, Minggu (24/10/2021), saham Evergrande ditutup naik 4,26 persen usai pembayaran utang. Pasalnya, pembayaran bunga utang sedikit banyak mampu mencegah default secara luas.

Baca juga: Tak Hanya Evergrande, Kian Banyak Pengembang Properti China Alami Gagal Bayar Utang

Laporan Securities Times menjelaskan, pembayaran bunga utang tersebut dikirim melalui Citibank kepada para investornya yang didominasi investor asing.

Secara total, raksasa properti kedua terbesar ini telah melewatkan empat pembayaran kupon obligasi lainnya pada bulan September dan Oktober 2021.

Selain kupon obligasi yang jatuh tempo pada September ini, ada pembayaran bunga lainnya atas obligasi berdenominasi dollar AS yang jatuh tempo pada bulan November-Desember 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, Evergrande melewatkan pembayaran setidaknya senilai 279 juta dollar AS sejak bulan lalu, termasuk kupon jatuh tempo pada 23 September 2021 ini. Evergrande sendiri memiliki beban utang lebih dari 300 miliar dollar AS.

Kekhawatiran dunia

Utang Evergrande yang menggunung memicu ketakutan di pasar global karena berpotensi memunculkan efek rambatan ke seluruh industri real estate China.

Ketakutan pasar juga dipicu oleh gagalnya perusahaan memperoleh dana dai penjualan beberapa asetnya untuk membayar utang.

Halaman:


Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.