Konsultasi Perizinan di Kemendag akan Dilayani "Robot" Avida

Kompas.com - 27/10/2021, 19:00 WIB
Logo baru Kemendag KemendagLogo baru Kemendag

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku akan terus melakukan inovasi untuk mempermudah masyarakat mengurus perizinan perdagangan. Hal ini diperlukan untuk memberikan informasi yang cepat dan tepat bagi masyarakat.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan Ani Mulyati mengatakan, salah satu inovasi yang paling baru adalah layanan konsultasi virtual dan pengembangan layanan chatbot “Avida” atau Asisten Virtual Dagang.

Chatbot ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk menjawab pertanyaan umum seputar Kementerian Perdagangan, khususnya terkait dengan perizinan yang banyak ditanyakan masyarakat.

Baca juga: Kemendag Catat 7.368 Pengaduan Konsumen di Sektor E-Commerce

"Inovasi ini dilakukan karena pada 2021 Kemendag menerima sebanyak 38.231 permohonan informasi. Angka ini naik signifikan 1.506 persen dibandingkan tahun 2020 yang sebanyak 2.539 permohonan informasi,” ujar Ani adalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/10/2021).

Selain itu, lanjut Ani, sejumlah inovasi yang sudah dilakukan Kementerian Perdagangan diantaranya layanan perizinan secara daring melalui aplikasi INATRADE yang bekerja sama dengan INSW dan kolaborasi dengan kementerian/lembaga terkait.

Kemudian, penerapan tanda tangan digital (digital signature) untuk perizinan yang bekerja sama dengan BSSN sejak tahun 2018. Pelaku usaha juga diberikan akses untuk melakukan penelusuran terhadap proses perizinan tersebut, sehingga pada pelaksanaannya perizinan di Kemendag dilakukan secara transparan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ani, pihaknya akan terus melakukan inovasi demi memudahkan masyarakat memperoleh informasi mengenai layanan di Kementerian Perdagangan.

"Pelayanan publik kami diharapkan akan terus meningkat dan membantu seluruh masyarakat Indonesia dalam menjalankan bisnisnya yang nantinya juga akan meningkatkan perekonomian Indonesia," kata Ani.

Baca juga: Awasi Perdagangan di Post Border, Kemendag Luncurkan Aplikasi e-Reporting

Kemendag Raih Anugrah Badan Publik Informatif 2021

Kementerian Perdagangan berhasil meraih anugerah “Badan Publik Informatif” tahun 2021 dari Komisi Informasi Pusat (KIP).

Dengan demikian, Kementerian Perdagangan menjadi salah satu dari 83 badan publik yang berhasil mendapatkan “Badan Publik Informatif” yang merupakan predikat tertinggi dalam hasil penilaian monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik dari total 337 badan publik yang dinilai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.